PEMBINAAN AKHLAK SANTRI MELALUI METODE ZIKIR RATIB AL-HADDAD Dl PESANTREN DARUL QURAN WAL IRSYAD LEDOKSARI WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

Fauzi Ansori Saleh, NIM. 01410897 (2006) PEMBINAAN AKHLAK SANTRI MELALUI METODE ZIKIR RATIB AL-HADDAD Dl PESANTREN DARUL QURAN WAL IRSYAD LEDOKSARI WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN AKHLAK SANTRI MELALUI METODE ZIKIR RATIB AL-HADDAD Dl PESANTREN DARUL QURAN WAL IRSYAO LEDOKSARI WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DP.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN AKHLAK SANTRI MELALUI METODE ZIKIR RATIB AL-HADDAD Dl PESANTREN DARUL QURAN WAL IRSYAO LEDOKSARI WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan metode zikir Ratib a1-Haddad dalam upaya pembinaan akhlak para santri di Pesantren Darul Quran wal Irsyad Wonosari Gunungkidul, mengetahui tanggapan para santri terhadap penerapan metode tersebut serta merumuskan hal-hal yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan metode tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengarnbil latar Pesantren Darul Quran wal Irsyad Wonosari Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, dengan menerapkan logika berpikir indukti f, deduktif dan subjekti f. Adapun pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan metode zikir Ratib al-Haddad si Pesantren Darul Quran wal Irsyad dilaksanakan setiap hari yakni selepas jamaah Shalat Mahgrib, kecuali pada hari Selasa dan hari Kamis. Pelaksanannya dipimpin langsung oleh kyai pengasuh yang diikuti oleh seluruh santri. Zikir ini dibaca dengan suara keras (jahr) dengan badan menghadap kiblat dalam posisi duduk tawarruk tanpa disertai gerakan tertentu (2) Pendapat para santri terhadap aktivitas zikir Ratib al-Haddad terpetakan menjadi tiga bagian, yakni motivasi dalam melaksanakan zikir, tanggapan terhadap aktivitas zikir serta manfaat yang dirasakan para santri dalam kaitannya dengan upaya pembinaan akhlak. Mengenai motivasi para santri terbagi atas dua hal, yakni, pertama, santri yang berorientasi akherat semata dan kedua, santri yang berorientasi dunia dan akherat. Adapun tanggapan para santri terhadap aktivitas zikir Ratib al-Haddad pada umumnya sebagian besar menyatakan bahwa terdapat relevansi antara penerapan metode zikir ini dengan upaya pembinaan akhlak. Sedangkan mengenai kemanfaatan yang dirasakan para santri dari aktivitas zikir ini terbagi atas dua hal. Pertama, santri yang merasakan adanya manfaat dari zikir Ratib al-Haddad bagi perubahan akhlaknya dan kedua, santri yang belum merasakan adanya manfaat zikir Ratib atHaddad bagi perubahan akhlaknya. (3) Faktor-faktor yang menjadi pendukung keberhasilan metode ini ialah pengetahuan keagamaan kyai pengasuh yang luas, sikap istiqamah warga pesantren untuk terns melaksanakan zikir Ratib al-Haddad, dan kepatuhan santri kepada peraturan pesantren. Sementara faktor-faktor penghambatnya meliputi kurangnya pemahaman para santri terhadap seluk-beluk Ratib al-Haddad, belum maksimalnya sosialisasi dan publikasi dari pihak pengasuh maupun pengurus, latar belakang pemahaman agama santri yang heterogen, belum beranjaknya tataran para santri dalam mengamalkan zikir dari tataran pengguguran kewajiban ke arah pemenuhan kebutuhan ruhaniah, serta kendala teknis lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. Prof. Drs. HMS. PROJODIKORO 2. Drs. SUMEDI, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Akhlak, santri, ratib
Subjects: Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Jul 2017 07:36
Last Modified: 17 Jul 2017 07:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26222

Actions (login required)

View Item View Item