ASPEK MAGIS DALAM KESENIAN TRADISONAL NINI THOWONG SABDO BUDHOYO DI DUSUN GRUDO, DESA PANJANGREJO,KECAMATANPUNDONG,KABUPATEN BANTUL

NARWANTO, NIM. 98522600 (2004) ASPEK MAGIS DALAM KESENIAN TRADISONAL NINI THOWONG SABDO BUDHOYO DI DUSUN GRUDO, DESA PANJANGREJO,KECAMATANPUNDONG,KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

aspek magis yang terkandung dalam kesenian Nini Thowong, perlu penulis jelaskan terlebih dahulu mengenai Nini Thowong merupakan sebuah permainan magis. Dalam teori magi dijelaskan, dasar dari ilmu gaib adalah kepercayaan kepada kekuatan gaib atau kekuatan sakti dan segala sesuatu yang mempunyai hubungan baik dari kesamaan bentuk, kesamaan suara atau hal-hal yang sating berkaitan seperti: tumpeng dan gunung, katak dan hujan, perempuan dan dapur( dalam kebudayaan Jawa) semua hal tersebut saling berhubungan yang mengakibatkan sebab-akibat. 1 Jadi orang yang melakukan tindakan magis yakin bahwa alam semesta penuh dengan daya-daya gaib dan daya-daya terse but bisa dimanfaatkan asal ada hubungan asosiasi. 2 Pelaku magis berpikiran bahwa segala sesuatu yang berhubungan seperti kesamaan bentuk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moh. Dammami M. Ag
Uncontrolled Keywords: seni tari, tari magis, tari didi nini towok
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 11 Jul 2017 14:49
Last Modified: 13 Jul 2017 13:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26223

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum