HADIS-HADIS TENTANG RU'YAH AL-HILAL UNTUK MENENTUKAN AWAL BULAN RAMADAN DAN SYAWWAL (STUDI ANALISIS PEMAKNAAN HADIS)

AHMAD DZAKIRILLAH, NIM. 96532246 (2003) HADIS-HADIS TENTANG RU'YAH AL-HILAL UNTUK MENENTUKAN AWAL BULAN RAMADAN DAN SYAWWAL (STUDI ANALISIS PEMAKNAAN HADIS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HADIS-HADIS TENTANG R lJ' YA/1AL-IDLAL UNTUKMENENTUKAN AWALBULAN RA.MAOAN DAN SYAWWAL (STUDI ANALISIS PEMAKNAAN HADIS))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (992kB) | Preview
[img] Text (HADIS-HADIS TENTANG R lJ' YA/1AL-IDLAL UNTUKMENENTUKAN AWALBULAN RA.MAOAN DAN SYAWWAL (STUDI ANALISIS PEMAKNAAN HADIS))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Sesuai perkembangan zaman sekarang. mempelajari hadis tidaklah terfokus hanya pada pembahasan tentang kualilas hadis saja. mclainkan mengalami pcrkcmbangan dalam scgi pcmahaman tcntang makna hadis, bisasaja sebuah hadis bcrnilai sakhih ataupun hasan namun pada tahap sclanjutnya mengalami kcsulitan dalam scgi pcmaknaannya, schingga mcnimhulkan banyak interpretasi dan pcmaharnan tcrhadap hadis. Pada perkcmbangan bcrikutnya. pant ulama hadis bcrusaha untuk menemukan jalan kcluar dad problem tcrscbut. Hal ini ditandai dcngan adanya pemaknaan hadis (falun al-h.adi.,1 mclalui mctodc ma'anil {ladi. . schingga dapat dikelahui apakah hadi s tcrscbut bcrmuatan lokal, temporal atau universal. Adanya pcmaknaan hadis, apakah pcmaknaan tcrscbut dari scgi tckstual ataupun kontek .tual kcduanya mcrupakan cara (mctodc) untuk mcmahami hadis, agar dalam pcncrapannya scsuai dcngan apa yang di harapkan olch Nabi saw. Salah satu dari hadi s yang memerlukan pemaknaan dari mctode di alas adalah hadis tcntang ru'yab al-hila7 untuk mencntukan awal bulan di mana hadis tcrsebut rncmpunyai lafal yang bcrbcda, yaitu akmi/ii, faqduru-dan 'iddU. Akibat dari pcrbcdaan lafal matan hadis di alas, maka tcrjadi pula perbedaan perspcktif dalam mcncntukan awal bulan, apakah dcngan ru'yah, yakni melil1at bulan sccara langsun g, atau cukup dcngan hisab. atau kcdua­ duanya dipakaj dalam mcncnt ukan awal bulan. Agar kcdua hadi s dan pcrsoalan pcncntuan awal bulan dapat dipaharni !_ierta diamalkan olch man usia xcs ua i dcngan kontcksnya. rnaka pcrbcdaan tersebut dicari pcnyclcsaiannya. Bahwa dengan rncngklasitlkasi hadis apakah bcrmuatan lokal, temporal dan universal, kita dapat rncncmukan titik tcmu hadis riwayah ini, yang sebenarnya berlainan lafal, yakni bahwa hadis yang mcnggunakan lafal akmilii mempunyai kandungan lokal temporal. yait u pada saat it u yang dihut uhkan dan terjadi adalah mclihat dan tcrt ut uplllya bulan olch awan, yang langsung dilaporkan kepada Rasulullah. Scmcntara hadis dcngan mcnggunakan lafal faqauru- dan 'iddu- bcrmuatan universal.- yaitu dapat dipahami pada kontcks sekarang dengan adanya para ahli ilmu bintang dan berhitung sehingga hisab sudah cukup untuk mcwakili pcncntuan awal bulan. ·

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs.Indal Abror M.Ag
Uncontrolled Keywords: Hadis, rukyah al-hilal
Subjects: Tafsir Hadist
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tafsir Hadist (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Jul 2017 08:18
Last Modified: 12 Jul 2017 08:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26231

Actions (login required)

View Item View Item