PERAN ORGANISASI KEROHANIAN ISLAM (ROHIS) DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA

IDA RISTIYA, NIM: 02411061 (2006) PERAN ORGANISASI KEROHANIAN ISLAM (ROHIS) DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN ORGANISASI KEROHANIAN ISLAM (ROHIS) DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORGANISASI KEROHANIAN ISLAM (ROHIS) DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

IDA RISTIY A. Kerjasama Antara Organisasi Kerohanian Islam (Rohis) Dengan Alumni Dalam Membentuk Perilaku Keagamaan Siswa Di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan kerjasama antara Rohis dengan Alumni dalam membentuk perilaku keagamaan siswa di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan Rohis dengan alumni dalam mengevaluasi program kerjasama dalam membentuk perilaku keagamaan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambillatar SMA Negeri 3 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara yang mendalam, dokumentasi dan angket sebagai pendukung. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (I) Bentuk peran Rohis adalah melakukan kerjasama dengan alumni yakni dengan mengadakan kegiatan mentoring keagamaan. (2) Pelaksanaan kerjasama dalam kegiatan mentoring yaitu dengan memberikan materi sesuai dengan ┬Ěkurikulum kelas X, menggunakan metode yang bervariasi serta evalusi dilakukan satu bulan sekali dan satu semester sekali. (3) Hasil yang dicapai adalah perubahan sikap dan perilaku keagamaan siswa yang cukup berarti setelah diadakan kegiatan mentoring yang diselenggarakan oleh alumni dengan rohis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. Drs. Sarjono, M.Si. 2. Drs. Moch. Fuad
Uncontrolled Keywords: organisasi, rohis, siswa
Subjects: Akhlak - Etika
Organisasi > ORGANISASI ISLAM
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Jul 2017 01:11
Last Modified: 20 Jul 2017 01:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26232

Actions (login required)

View Item View Item