UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMA MUHAMMADIYAH SEWON MELALUI PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR

ISMAIL KHUDORI, NIM. 03430033-T (2005) UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMA MUHAMMADIYAH SEWON MELALUI PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMA MUHAMMADIYAH SEWON MELALUI PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMA MUHAMMADIYAH SEWON MELALUI PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Nilai Matematika di SMA Muhammadiyah Sewon belum memuaskan karena pengembangan proses pembelajaran dengan beberapa metode dan pendekatan belum dapat membangkitkan motivasi belajar siswa. Melalui penelitian tindakan kelas ini akan diterapkan pemberian tugas terstruktur yang membantu guru dalam merancang proses pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemnis dan Taggart yang terdiri dari beberapa siklus. Masing-masing siklus mempunyai 4 unsur yaitu: Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Guru menyiapkan tugas terstruktur dengan kriteria A: soal mudah, B: Soal sedang dan C: soal sulit. Setelah memberikan penjelasan pokok bahasan limit fungsi aljabar secukupnya guru memberikan tugas yang telah disiapkan mula-mula soal A siapa yang sudah selesai diberi soal B dan terakhir diberi soal C. Setelah 80% dapat menyelesaikan soal C dengan bantuan guru untuk menyimpulkan apa yang telah dikerjakan. Dari hasil pelaksanaan dan pengamatan pada setiap siklus terlihat bahwa siswa sangat antusias untuk segera menyelesaikan tugas terstruktur yang diberikan guru. Dengan demikian pemberian tugas terstruktur dapat mewujudkan pembelajaran yang aktif, efektif, kreatif dan dapat meningkatkan motivasi serta prestasi belajar siswa. Kata kunci: Upaya, belajar dan tugas terstruktur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. Drs. H. SEDYA SANTOSA, S. S. M. Pd. 2. Dra. Hj. Khurul Wardati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Upaya, belajar dan tugas terstruktur
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Jul 2017 01:11
Last Modified: 20 Jul 2017 01:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26235

Actions (login required)

View Item View Item