UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS VIII SEMESTER I MTS N PIYUNGAN TAHUN PELAJARAN 2005/2006

MUFLIH AKHRONI, NIM. 01430691 (2006) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS VIII SEMESTER I MTS N PIYUNGAN TAHUN PELAJARAN 2005/2006. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS VIII SEMESTER I MTS N PIYUNGAN TAHUN PELAJARAN 2005/2006)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS VIII SEMESTER I MTS N PIYUNGAN TAHUN PELAJARAN 2005/2006)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa melalui pelaksanaan model Pembelajaran Matematika Realistik siswa kelas VIII semester I MTs Negeri Piyungan tahun pel~jaran 2005/2006. Minat belajar berpengaruh pada hasil belajar, jika minat untuk belajar tinggi maka hasilnya pun akan lebih baik. Minat belajar Matematika siswa kelas VIII 0 MTs Negeri Piyungan perlu ditingkatkan, sebab siswa kurang memperhatikan ketika guru sedang mengajar, jarang siswa yang berani bertanya dan aktif dalam proses pembelajaran. Guru masih mengarahkan dan menuntun siswa dalam memahami suatu konsep. Sehingga mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas VIII D semester I MTs Negeri Piyungan Bantul tahun pelajaran 2005/2006. Jumlah siswa kelas VIIJ D adalah 35 siswa. Tindakan penelitian ini terdiri dari dua siklus. Data minat diperoleh melalui angket minat, wawancara tidak terstruktur dengan siswa, observasl, dan jumal harian. Data prestasi belajar siswa diperoleh melalui penilaian proses dan penilaian hasil. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dengan menghitung persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Pembelajaran Maternatika Realistik yang dilaksanakan di MTs Negeri Piyungan diawali dengan pemberian soal kontekstual, siswa membuat model untuk rnemecahkan soal kontekstual, guru menggunakan hasil jawaban sementara siswa untuk dikembangkan bersama siswa menjadi konsep baru, keterkaitan antara satu topik bahasan dengan topik bahasan lain. lnteraktifitas terjadi antar guru dengan siswa, dan antara siswa dengan siswa. Siswa berani mencoba mengerjakan soal, berani bertanya, dan mengemukakan pendapat, guru tidak membuat siswa takut ditertawakan dan dianggap sepele, siswa memiliki perhatian yang tinggi terhadap pelajaran, dan suasana pernbelajaran berlangsung tidak kaku dan tegang sehingga siswa rnerasa senang terhadap proses pembelajaran. Pelaksanaan model Pcmbelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa dengan peningkatan yang cukup signifikan. Minat belajar yang meliputi rasa senang, kei.nginan atau keingintahuan, dan perhatian meningkat dari siklus I ke siklus II. SedangRan peningkatan persentase penilaian proses sebesar 27,26 %, dan penilaian basil sebesar 34,83 % merupakan bukti dari peningkatan prestasi belajar siswa. Kata kunci: Minat, Prestasi, Realistik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. Drs. H. Sedya Santosa, S.S., M.Pd 2. drs. lchsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Minat, Prestasi, Realistik.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Jul 2017 00:36
Last Modified: 17 Jul 2017 00:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26237

Actions (login required)

View Item View Item