PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA SISWA SLTP N I TRETEP TEMANGGUNG

MUNTAMAH, NIM. 02411064 (2006) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA SISWA SLTP N I TRETEP TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA SISWA SLTP N I TRETEP TEMANGGUNG)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA SISWA SLTP N I TRETEP TEMANGGUNG)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Peran Guru PAI Dalam Pembentukan Perilaku Keagamaan Pada Siswa SLTP N I Tretep Temangung. Penelitian menggambillatar SLTP N I Tretep Temanggung. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket, pengamatan secara langsung, wawancara dan juga dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan teknik analisis kuantitaf dengan rumus prosentase kemudian didiskripsikan atau diterjemahkan secara kualitatif. Hasil penelitian: 1) Dengan melihat tanggapan dari responden terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan maka dapat penulis simpulkan bahwa guru PAI memiliki peran yang cukup berarti terhadap pembentukan perilaku keagamaan para siswa di SLTP N I Tretep Temanggung. 2) Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap peran guru PAI dalam membentuk perilaku keagamaan para siswa merupakan faktor interaksi antara faktor internal dan faktor eksternal yang teraktualisasi dalam bentuk perilaku keseharian seseorang. Adapun faktor internal meliputi perkembangan kognisi,emosi, social dan moral remaja. Sedangkan faktor ekstern adalah faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. (3) Hasil yang dapat dicapai dari pembentukan perilaku keagamaan oleh Guru PAI adalah adanya peningkatan perilaku keagamaan yang dialami oleh siswa SLTP N I Tretep Temanggung setelah diadakanya proses pembelajaran PAI yang dilakukan oleh guru P AI pada sekolah tersebut. Dan juga bertambahnya pengetahuan para siswa mengenai masalah-masalah agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Susilaningsih MA,
Uncontrolled Keywords: Peran guru PAI, Pembentukan Perilaku Keagamaan, Siswa SLTP N I Tretep Temangung.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 12 Jul 2017 08:54
Last Modified: 12 Jul 2017 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26242

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum