ESTETIKA MUSIK DALAM AL-QUR' AN (STUDI TAFSIR TEMATIK TERHADAP AYAT-AYAT YANG TERKAIT DENGAN KATA AL-SAUTU)

SURYO PUTRO, NIM.98532674 (2004) ESTETIKA MUSIK DALAM AL-QUR' AN (STUDI TAFSIR TEMATIK TERHADAP AYAT-AYAT YANG TERKAIT DENGAN KATA AL-SAUTU). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ESTETIKA MUSIK DALAM AL-QUR' AN (STUDI TAFSIR TEMATIK TERHADAP AYAT-AYAT YANG TERKAIT DENGAN KATA AL-SAUTU))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ESTETIKA MUSIK DALAM AL-QUR' AN (STUDI TAFSIR TEMATIK TERHADAP AYAT-AYAT YANG TERKAIT DENGAN KATA AL-SAUTU))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Sebagai sebuah disiplin ilrnu, estetika merupakan bagian terpenting dalam memperkenalkan kajian yang mendalam tentang masalah yang berkaitan dengan keindahan. Dalam perkembangannya estetika banyak mengalami pergeseran dan perluasan makna khususnya dari sudut pandang (perspektif) disiplin yang berbeda. Dalam penelitian ini, penulis mencoba untuk menggunakan pendekatan filsafat dan sains. Karena dengan kedua pendekatan tersebut sangat dimungkinkan untuk bisa melihat dan memposisikan obyek kajian secara lebih proporsional dan konprehensif Dari sudut pandang filsafat, estetih dalam katagorinya scbagai nilai keindahan suatu musik mcmiliki makna yang lcbih mendekati harmonisasi jiwa yang dibangun melalui nada-nada musikal. Sedangkan melalui perspektif sains nilai estetika ditentukan melalui struktur musik berdasarkan bentuk-bentuk yang harmoni. Dalam kajian ini, pcnulis mclihat adanya suatu hal yang problematik yang berkenaan dengan adanya beberapa persepsi yang cukup signifikan tentang paradigma yang dibangun masyarakat terhadap seni musik Islam, dimana anggapan bahwa musik Islam lebih identik dengan nyanyian dcngan mcnggunakan nada-nada dan syair yang "berbau" Arab ataupun kalimat-kalimat yang bernuasa religius maka penulis mencoba mengajukan sebuah paradigma barn. Dengan asumsi bahwa musik adalah bahasa universal yang dimiliki olch setiap manusia tanpa membedakan suku, ras, golongan ataupun agama tertentu, maka dengan penelitian yang menggunakan metode tematik ini, penulis mengambil sebuah inspirasi (ideal moral) terhadap ayat-ayat al-Qur'an yang bcrkaitan dcngan kata al-Sautu yang bcrmakna suara scbagai unsur pcmbcntukan musik. Akhirnya ditcmukanlah scbuah kesimpulan bahwa musik yang lslami itu sebenarnya adalah musik yang memiliki nilai estetika yang dipadukan dengan nilai etika. Artinya nilai cstctika adalah nilai positif yang mcngimplikasikan suatu pengamatan dan penrerapan untuk rnenemukan suatu makna keindahan dari musik yang dibangun melalui nada-nada yang harmoni, baik dalam bentuk struktur musik itu sendiri maupun dari segi hannonisasi yang mampu merasakan hadirnya Jiwa atau ruh. Sedangkan nilai etika atau dalarn bahasa agamanya disebut akhlak adalah bangunan yang telah menjadi konsensus masyarakat di suatu daerah tentang makna baik dan buruk, sehingga standarisasi dalam mempertimbangkan musikalisasi melalui sarana ini dapat menjadi suatu kekuatan untuk memberikan pernahaman yang tepat dalam proses penyarnpaian message.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Fauzan Naif, MA NIP.150228609
Subjects: Tafsir Hadist
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tafsir Hadist (S1)
Depositing User / Editor: S.kom Fatchul Hijrih
Date Deposited: 12 Jul 2017 03:34
Last Modified: 12 Jul 2017 03:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26263

Actions (login required)

View Item View Item