METODE MUSYAWARAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (Studi Di Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum Putra Krapyak Yogyakarta)

AHMAD RIFAI NIM. 04410760, (2009) METODE MUSYAWARAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (Studi Di Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum Putra Krapyak Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (METODE MUSYAWARAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (Studi Di Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum Putra Krapyak Yogyakarta))
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (838kB) | Preview
[img] Text (METODE MUSYAWARAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (Studi Di Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum Putra Krapyak Yogyakarta))
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (484kB)

Abstract

ABSTRAK Keberhasilan dan kegagalan sebuah pendidikan sangat bergantung pada komponen-komponen atau faktor-faktor yang membangunnya. Di antara komponen tersebut adalah konsep pendidikan yang di dalamnya terdapat proses metode pengajaran. Sebuah pendidikan tanpa konsep yang jelas akan berdampak pada ketidak-jelasan maksud ataupun arah dan tujuan pendidikan itu sendiri. Hal ini harus diperhatikan mengingat pendidikan adalah sebuah aktifitas yang memiliki maksud tertentu yang diarahkan untuk mengembangkan individu sepenuhnya. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkapkan penerapan metode musyawarah dalam meningkatkan minat belajar siswa, Mengetahui dan mengungkapkan efektivitas metode musyawarah dalam meningkatkan minat belajar siswa putra di MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan informasi dan pemikiran bagi sekolah yang mengasramakan siswanya dalam rangka meningkatkan minat belajar. Untuk menambah wawasan tentang penerapan metode yang digunakan dalam meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk menerangkan fenomena sosial atau suatu peristiwa yang terjadi, dengan mengambil lokasi penelitian di Madrasah Tsanawiyah Putra Ali Maksum yaitu sekolah setingkat SLTP di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta dengan status disamakan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi secara langsung, wawancara secara mendalam dengan jenis semi terstruktur yaitu yang hanya memuat garis-garis besar pertanyaaan yang akan diajukan, dan mengumpulkan data melalui peninggalan tertulis seperti arsip-arsip dan termasuk juga buku-buku tentang pendapat, teori, dan lain-lain yang berhubungan dengan masalah dan tujuan penelitian. Setelah melakukan pengumpulan data dengan lengkap, selanjutnya disusun dan dikelompokkan, serta menyeleksi data-data yang ada korelasinya dengan penelitian ini. Setelah dikelompokkan selanjutnya data dianalisis agar data tersebut mempunyai arti dan dapat dijadikan suatu kesimpulan umum. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode musyawarah di Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta, sudah berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Sedangkan penerapa metode musyawarah, bila dilihat dari aspek-aspek efektifitas, yaitu 1) Aspek tugas atau fimgsi, siswa telah menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik; 2) Aspek rencana atau program, bahwa program metode musyawarah berjalan sesuai dengan rencana atau program madrasah; 3) Aspek ketentuan atau aturan, bahwa siswa aktif dalam mengikuti setiap kegiatan diskusi musyawarah: dan 4) Aspek tujuan atau kondisi ideal, bahwa metode berjalan sesuai dengan tujuan didukung dengan kondisi yang nyaman, tertib dan lancar. Sehingga metode ini sangat efektif dalam meningkatkan minat siswa untuk belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Karwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode, Musyawarah, Minat, Belajar, Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 09 Aug 2012 13:33
Last Modified: 07 Aug 2017 04:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2627

Actions (login required)

View Item View Item