HADIS JAMPl-JAMPI DALAM KITAB MUJARRABAT MALAYU DAN KITAB TAJUL MULK MENURUT PANDANGAN MASYARAKAT KAMPUNG SEBERANG KOTA PONTIANAK PROPINSI KALIMANTAN BARAT

SYAMSUL KURNIAWAN, NIM.01530526 (2005) HADIS JAMPl-JAMPI DALAM KITAB MUJARRABAT MALAYU DAN KITAB TAJUL MULK MENURUT PANDANGAN MASYARAKAT KAMPUNG SEBERANG KOTA PONTIANAK PROPINSI KALIMANTAN BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HADIS JAMPl-JAMPI DALAM KITAB MUJARRABAT MALAYU DAN KITAB TAJUL MULK MENURUT PANDANGAN MASYARAKAT KAMPUNG SEBERANG KOTA PONTIANAK PROPINSI KALIMANTAN BARAT)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (HADIS JAMPl-JAMPI DALAM KITAB MUJARRABAT MALAYU DAN KITAB TAJUL MULK MENURUT PANDANGAN MASYARAKAT KAMPUNG SEBERANG KOTA PONTIANAK PROPINSI KALIMANTAN BARAT)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Jampi-jampi merupakan tradisi yang familiar di Pontianak Kalimantan Barat, khususnya di Kampung Seberang. Uniknya tradisi ini memiliki korelasi dengan pembaeaan sebagian masyarakat lokal di wilayah ini atas hadis tentang jampi-jampi yang mereka jumpai di dalam kitab Mujarrabat Malayu dan kitab Tajul Mulk Dengan kata lain, hadis-hadis ini telah menanamkan keyakinan masyarakat di wilayah ini pada sejumlah baeaan jampi-jampi dan ketentuan membaea jampi-jampi. Berangkat dari realitas ini, muneul beberapa permasalahan yang menurut penulis menarik untuk diangkat, antara lain: bagaimana pandangan masyarakat Kampung Seberang terhadap hadis di dalam kitab Mujnrrabiit Maliiyii dan kitab Tajul Mulk dalam hubungannya dengan praktik jampi-jampi yang mereka adakan serta bagaimana pula kualitas dari hadis-hadis yang terdapat di dalam kitab Mujarrabat Malayu dan kitab Tajul Mulk tersebut. Adapun data-data penelitian ini akan penulis kumpulkan seeara kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, mengingat objek penelitian ini adalah fakta agama dan pengungkapannya. Selain itu, untuk menganalisis hadis­ hadis di dalam kitab Mujarrabat Malayu dan kitab Tajul Mulk penulis menggunakan pendekatan takhrij al-hadis Selama penelitian ini dilakukan, penulis menemukan beberapa hal antara lain: pertama, dalam memahami hadis tentang jampi-jampi masyarakat begitu tekstual, sehingga harapan-harapan magis menyertai pemahaman mereka terhadap hadis-hadis ini. Misalnya, sejumlah hadis tentang keutamaan basmallah telah membentuk ketentuan dalam praktik jampi-jampi, seperti tidak akan terkabulnya doa jampi apabila tidak memulainya dengan basmallah. Begitupula hadis-hadis yang lain. Setelah melakukan penelusuran dengan memakai pendekatan taklirij al-hadis, kualitas dari hadis-hadis yang diteliti dapat diklaksifikasikan antara lain had is sahih berj umlah sat u bu ah yait u hadis tentang doa Na bi Yun us yang diajarkan oleh Rasulullah, hadis has berjumlah satu buah yaitu hadis tentang faidah surat al-ikhlas dan al-mu'awizataini hadis qaifberjumlah dua buah yaitu hadis tentang rahmat Allah yang terputus untuk setiap perbuatan yang tidak diawali dengan membaca basmallah dan hadis tentang fatihatul kutub merupakan obat berbagai penyakit, dan terakhir dua buah hadis berkualitas maudu yaitu hadis tentang tiada tertolalmya doa yang pada permulaannya dibaeakan basmalah dan hadis tentang terampuninya dosa orang-orang yang menuliskan basmallah kemudian mengagungkannya.[]

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs.Nurun Najwah, M.Ag NIP.150259418
Subjects: Tafsir Hadist
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tafsir Hadist (S1)
Depositing User / Editor: S.kom Fatchul Hijrih
Date Deposited: 12 Jul 2017 06:49
Last Modified: 12 Jul 2017 06:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26290

Actions (login required)

View Item View Item