PELAKSANAAN EVALUASI ASPEK PSIKOMOTORIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAl) DI SMK NEGERI I WONOSARI

Erma Suryanti, NIM. 00410453 (2005) PELAKSANAAN EVALUASI ASPEK PSIKOMOTORIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAl) DI SMK NEGERI I WONOSARI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN EVALUASI ASPEK PSIKOMOTORIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAl) DI SMK NEGERI I WONOSARI)
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (182MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN EVALUASI ASPEK PSIKOMOTORIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAl) DI SMK NEGERI I WONOSARI)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (174MB)

Abstract

ERMA SUR Y ANTI. Pelaksanaan Evaluasi Aspek Psikomotorik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAl) di SMK Negeri I Wonosari. Skripsi. Y ogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005. Evaluasi penting dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai, juga sebagai bahan pertimbangan untuk mengarahkan, membimbing, dan memotivasi siswa sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minat masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan ti!ntang pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran khususnya evaluasi aspek psikomotorik pada mata pelajaran PAl di SMK Negeri I Wonosari. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan masukan bagi para guru dalam melaksanakan evaluasi khususnya yang berkaitan dengan aspek psikomotorik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil tempat di SMK Negeri I Wonosari Gunungkidul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengar, mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dipilih melalui key informan yaitu responden yang dianggap mengetahui aspek-aspek penelitian ini. yang menjadi infonnan kunci dalam penelitian ini adalah guru-guru P AI, sedang untuk informan pendukungnya adalah kepala sekolah dan siswa SMK Negeri I Wonosari yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisa data dilakukan dengan proses berpikir induksi. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Evaluasi aspek psikomotorik di SMK Negeri I Wonosari bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran PAl aspek ini telah tercapai dan apakah siswa telah mengamalkan ajaran Islam sesuai ·dengan syari'at sebagai aplikasi pemahaman terhadap pelajaran P AI yang telah mereka dapatkan di sekolah. Teknik evaluasi yang dilakukan adalah dengan tes perbuatan, observasi dan pemberian tugas di rumah. Adapun instrumen yang digunakan disesuaikan di!ngan teknik yang dipakai dalam evaluasi seperti lembar penilaian, check list, lcmbar prcsensi kcgiatan siswa, dan buku laporan kegiatan siswa. (2) Faktor pendukung dalam kcgiatan cvaluasi aspek ini adalah adanya kesadaran dari siswa untuk mengamalkan ajaran Islam scrta adanya kerjasama yang baik antar oerbagai pihak terkait. Adapun faktor penghambatnya adalah sulitnya jangkauan letak geografis siswa sehingga guru kesulitan untuk melakukan pemantauan terhadap kegiatan siswa di luar sekolah secara langsung serta masih adanya siswa yang belum optimal dalam melaksanakan ajaran agama Islam serta keterbatasan waktu untuk kegiatan pembelajaran P AI. Hal ini berakibat guru kurang dapat mengevaluasi secara obyektif terhadap kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Sukiman, S.Ag., M.Pd. 2. Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: psikomotorik, pendidikan agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Jul 2017 08:11
Last Modified: 20 Jul 2017 08:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26298

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum