POLA ASUH ANAK SECARA EFEKTiF (Telaah Pemikiran Laurence Steinberg dan Relevansinya dengan Pendidikan dalam Keluarga menurut Islam)

Evi Setyowati, NIM: 01410558 (2005) POLA ASUH ANAK SECARA EFEKTiF (Telaah Pemikiran Laurence Steinberg dan Relevansinya dengan Pendidikan dalam Keluarga menurut Islam). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (POLA ASUH ANAK SECARA EFEKTiF (Telaah Pemikiran Laurence Steinberg dan Relevansinya dengan Pendidikan dalam Keluarga menurut Islam))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (195MB) | Preview
[img] Text (POLA ASUH ANAK SECARA EFEKTiF (Telaah Pemikiran Laurence Steinberg dan Relevansinya dengan Pendidikan dalam Keluarga menurut Islam))
BAB II, III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (367MB)

Abstract

EVI SETYOWATI. Pola Asuh Anak Secara Efektif (Telaah Pemikiran Laurence Steinberg dan Relevansinya dengan Pendidikan dalam Keluarga menurut Islam). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2005. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang pola asuh anak yang terangkum dalam 10 prinsip dasar pengasuhan yang prima serta mengetahui relevansinya dengan Pen4idikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan mengambil data primer dari buku 10 Prin~<>ip Dasar Pengasuhan Yang Prima yang ditulis oleh Laurence Steinberg,Ph.D serta artikel-artikel dari internet. Sedangkan data sekunder diambil dari buku-buku Penqidikan Islam yang terkait dengan penelitian ini. Analisa data menggunakan analisis ·. isi (content analysis) dengan langkah-langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunj ukkan bahwa 1) prinsip dasar pengasuhan terse but dapat digunakan untuk anak di segala usia yang membedakan adalah penerapannya. 2) prinsip dasar pengasuhan terseut dapat membantu meminimalkan terjadinya masalah dalam mengasuh anak karena setiap prinsip didasari oleh teori-teori perkembangan anak, sehingga memungkinkan orang tua untuk mengetahui kebutuhan dasar anak pada setiap fase perkembangannya.3) prinsip dasar pengasuhan tersebut mempunyai relevansi dengan Pendidikan Islam kecuali pada prinsip 8, yang mana Steinberg tidak menyetujui penerapan hukuman fisik bagi anak mengingat dampak negatif yang ditimbulkannya, sedangkan Pendidikan Islam tetap menyarankannya karena hukuman fisik akan efektif apabila diterapkan dengan tepat sesuai syarat dan ketentuan yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Karwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pengasuhan anak, pendidikan keluarga
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Jul 2017 01:12
Last Modified: 20 Jul 2017 01:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26305

Actions (login required)

View Item View Item