PERANAN PUSAT BAHASA IAIN SUNAN KALIJAGA DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ARAB DI IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DARI TAHUN 1999-2002 (Sebuah Kajian Historis)

RAMDONI ANSORI, NIM. 98423976 (2004) PERANAN PUSAT BAHASA IAIN SUNAN KALIJAGA DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ARAB DI IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA DARI TAHUN 1999-2002 (Sebuah Kajian Historis). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pusat Bahasa lAIN Sunan Kalijaga adalah institusi yang merniliki kompetensi mengembangkan bahasa asing bagi masyarakat akademik baik dalam lingkup internal lAIN Sunan Kalijaga maupun masyarakat luas. Peranan Pusat Bahasa selama kurang lebih tigapuluh tahun sernenjak berdirinya sarnpai sekarang bila ditelaah tentunya akan muncul banyak fakta dan data yang bisa diungkap terkait dengan kiprahnya sebagai motor penggerak dalarn rnewujudkan sarjanasarjana muslim yang rnurnpuni dalam bahasa asing terutarna bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk rnenggali peranan Pusat Bahasa dalarn rnenjalankan visi utarnanya sebagai fasilitator dan rujukan peningkatan dan pengembangan bahasa Arab bagi masyarakat akadernik di kampus. Ada dua aspek yang dibahas untuk menelaah sisi penting keberadaan Pusat Bahasa dalam rnengemban fungsi utarnanya yaitu pertarna urgensi peranannya dalam lingkup kampus lAIN Sunan Kalijaga secara luas dan bagaimana kontribusi positifnya terhadap mahasiswa. Metode pengurnpulan data berupa wawancara, dokumentasi, observasi. Dan dalarn hal ini Penulis rnelibatkan beberapa unsur sivitas akadernik yang pernah rnenjalin interaksi secara langsung maupun tidak langsung dengan Pusat Bahasa dari kalangan dosen, rnahasiswa dan karyawan. Data tersebut diolah dengan rnenggunakan tehnik reduksi data dan selanjutnya dianalisa dengan rnetode induktif Hasil penelitian rnenunjukkan bahwa peranan yang dilakukan Pusat Bahasa dalam mengernbangkan bahasa Arab di lAIN sunan Kalijaga Yogyakarta selama kurun waktu ernpat tahun, sejak periode 1999, 2000, 2001 dan 2002., direalisasikan dalam tiga pola sistern, yaitu rnelalui pola pelatihan, pola pelayanan dan pola kerjasama atau kernitraan. Ketiga pola tersebut, bertujuan untuk merealisasikan visi utarna Pusat bahasa sebagai fasilitator dan rujukan pengernbangan bahasa Arab bagi masyarakat akadernik kampus. Sebagai fasilitator, Pusat Bahasa telah rnemberikan kesernpatan kepada sivitas akadernik untuk mengikuti dan mengakses semua kegiatan serta fasilitas yang dirniliki oleh Pusat Bahasa. Sedangkan sebagai rujukan dilakukan dengan rnengadakan sosialisasi dan pernbelajaran bahasa Arab yang diperuntukkan bagi dosen, karyawan dan mahasiswa dikarnpus dengan melibatkan tenaga penutur asli dari Mesir dan Irak. Meskipun dalarn realisasinya terdapat kekurangan-kekurangan terutama pada aspek pelayanan yang diperuntukkan bagi sivitas akadernik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radjasa Mutashim, M.Si
Uncontrolled Keywords: budaya, bahasa arab, pengembangan bahasa
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 13 Jul 2017 08:47
Last Modified: 13 Jul 2017 08:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26306

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum