STUDI KASUS KOMPETENSI PEDAGOGI GURU BAHASA ARAB DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MTs NEGERI GRABAG MAGELANG

NUR MUJADDIDAH HABIBATILLAH NIM. 04420927, (2009) STUDI KASUS KOMPETENSI PEDAGOGI GURU BAHASA ARAB DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MTs NEGERI GRABAG MAGELANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STUDI KASUS KOMPETENSI PEDAGOGI GURU BAHASA ARAB DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MTs NEGERI GRABAG MAGELANG)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STUDI KASUS KOMPETENSI PEDAGOGI GURU BAHASA ARAB DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MTs NEGERI GRABAG MAGELANG)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (260kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi Pedagogi Guru Bahasa Arab yang dilaksanakan dalam pembelajaran bahasa Arab oleh guru-guru bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Negeri Grabag Magelang dan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa MTsN Grabag serta peran kompetensi pedagogi guru bahasa Arab terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa MTsN Grabag. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan dalam memperbaiki proses pembelajaran bagi semua pihak, khususnya Madrasah Tsanawiyah Negeri Grabag dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah Tsanawiyah Negeri Grabag Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu: pengumpulan data (data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi), mereduksi data yang telah terkumpul, mendisplay data-data secara sistematis dan mengambil kesimpulan dengan memverifikasi mana data yang lebih mendalam dan melakukan penyempurnaan dengan mencari data yang diperlukan guna mengambil kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) Kompetensi pedagogi guru bahasa Arab yang dilaksanakan dapat dilihat dari kemampuan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, yaitu: Pertama, kompetensi dalam perancangan pembelajaran, hasil penelitian menunjukkan rencana pembelajaran yang dibuat telah sesuai dengan prinsip pengembangan KTSP yakni ilmiah, relevan, fleksibel, kontinuitas, konsisten, memadahi, aktual dan kontekstual, efektif dan efisien, sehingga perencanaan pembelajaran menjadi efektif karena menggunakan kurikulum yang berlaku. Kedua, kompetensi dalam pengelolaan pembelajaran, pembelajaran yang dilakukan efektif, karena baik pendekatan, strategi, metode, media, sumber pembelajaran dan pengelolaan kelas dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang tertera dalam rancangan pembelajaran. Ketiga, kompetensi dalam penilaian, dari hasil penelitian menunjukkan guru sudah melakukan penilaian dengan baik kepada siswanya, tidak hanya menitikberatkan kepada hasil akhir dan kognitif siswa tetapi juga pada kegunaan setiap harinya. Keempat, kompetensi dalam mengembangkan potensi siswa, guru sudah melakukan pengembangan potensi dengan baik kepada siswanya baik dalam memotivasi, mengajar maupun dalam memajukan kemampuan bahasa arab siswa. 2) Prestasi belajar bahasa Arab siswa di MTsN Grabag cukup baik karena pengetahuan sebagian besar siswa dalam berbahasa Arab cukup baik. 3) Kompetensi Pedagogi guru bahasa Arab berperan terhadap prestasi bahasa Arab siswa, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang menguasai pedagogi dengan baik maka para siswa berpendapat lebih mudah dalam menerima pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : R. Umi Baroroh, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Studi, Kompetensi, Pedagogi, Guru, Bahasa Arab, Prestasi, Belajar, Siswa
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 13 Aug 2012 11:58
Last Modified: 03 Apr 2017 08:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2635

Actions (login required)

View Item View Item