EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN QIRA’AH KELAS VIII MTSN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA

Ana Rahmawati NIM. 04420933, (2009) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN QIRA’AH KELAS VIII MTSN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN QIRA’AH KELAS VIII MTSN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN QIRA’AH KELAS VIII MTSN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (745kB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam membaca teks Arab baik itu yang bersyakal maupun yang tidak bersyakal dan itu disebabkan karena beberapa hal seperti latar belakang pendidikan siswa yang berbeda-beda, metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar dan juga adanya problematika linguistik maupun problematika non linguistik yang menyebabkan kegiatan belajar mengajar tidak efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang pelaksanaan pembelajaran Qiraah dan efektivitas metode pembelajaran Qiraah kelas VIII di MTsN Tempel Sleman Yogyakarta. Serta untuk mengetahui solusi yang tepat untuk faktor-faktor yang menghambat pembelajaran Qira'ah . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa deskriptif kualitatif. Sedangkan pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, angket serta tes sebagai data pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Qiraah berjalan dengan baik. Sedangkan efektivitas metode pembelajaran Qiraah dilihat dari aspek input, proses, output, serta waktu yang cukup untuk pembelajaran Qira'ah dan juga dilihat dari aspek tugas dan fungsi, rencana atau program, aspek ketentuan atau aturan, dan aspek tujuan dan kondisi ideal, dari kesemuanya itu bisa dikatakan cukup efektif. Meskipun dari beberapa hal kurang efektif seperti pada sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Nazri Syakur, M.A.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode, Pembelajaran, Qiraah
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 08 Aug 2012 14:36
Last Modified: 03 Apr 2017 01:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2636

Actions (login required)

View Item View Item