HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN ALGORITMA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SLTP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2002/2003

WARYONAH, NIM. 98433987 (2003) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN ALGORITMA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SLTP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2002/2003. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN ALGORITMA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SLTP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2002/2003)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN ALGORITMA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SLTP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2002/2003)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar matematika dan kemampuan menggunakan algoritma dengan prcstasi belajar matematika siswa kelas I SL TP Muhammadiyah 3 Y ogyakarta tahun pelajaran 2002/2003 baik secara sendiri-sendiri, maupun secara bersama-sama. Penelitian ini menggunakan kelas I SLTP Muharnmadiyah 3 Y ogyakarta sebagai populasi ,dan dari 7 kelas diambil secara acak dua kelas yaitu lA dan IF, yang ditentukan berdasarkan Teknik Random Sampling. Data yang dikumpulkan diperoleh melalui angket dan tes. Instrumen motivasi belajar matematika terdiri atas 33 butir soal yang sahih, dengan koefisien reliabilitas 0,8663. Instrumen kemampuan menggunakan algoritma terdiri atas 5 butir soal yang sahih, dengan koefisien reliabilitas 0,5962. Instrumen prestasi belajar matematika terdiri atas 21 butir soal yang sahih, dengan koefisien reliabilitas 0,64. Analisis data menggunakan analisis ref:,rresi dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar matematika dengan prestasi belajar matematika siswa kelas I SL TP Muhammadiyah 3 YOf:,')'akarta, dengan koefisien korelasi r). 1= 0,452, dan koefisien korelasi parsial rv 1•2 = 0,327, yang ditunjukkan oleh persamaan regresi Y = 6,465 + 0,104 X1 dengan koefisien determinan 0,204, sumbangan relatif 56,94% dan sumbangan efektif 40,01%. Ada korelasi positif dan signifikan antara kemampuan menggunakan algoritma dengan prestasi belajar matematika siswa kelas I SLTP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dengan koefisien korelasi Tv2 = 0,525 dan koefisien korelasi parsial ry2•1 = 0,4322, yang ditunjukkan oleh persamaan regresi Y = 10,346 + 0,181X2, dengan koefisien deterrninan 0,276, sumbangan relatif 43,03% dan sumbangan efektif 30,26%. Ada korelasi positif dan signiftkan antara motivasi belajar matematika dan kernampuan menggunakan algoritma dengan prestasi belajar matematika siswa kelas I SL TP Muhammadiyah 3 Yof:,ryakarta, dengan korelasi rv_ 12 = 0,594 yang ditunjukkan oleh persamaan TCf:,rresi y = 4,835 + 0,0687 Xt '+ 0,143 x2 dengan koefisien deterrninan 0,353.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. Drs. Edi Prajitno, M. Pd 2. Drs. lchsan
Uncontrolled Keywords: matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Jul 2017 00:36
Last Modified: 17 Jul 2017 00:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26362

Actions (login required)

View Item View Item