MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH (Studi terhadap Pengembangan Kurikulum PAI di MA Kulliyatul Muallimin AI-Islamiyah IBNUL QOYYIM Yogyakarta)

NUR ALI, NIM. 99414372 (2006) MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH (Studi terhadap Pengembangan Kurikulum PAI di MA Kulliyatul Muallimin AI-Islamiyah IBNUL QOYYIM Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH (Studi terhadap Pengembangan Kurikulum PAI di MA Kulliyatul Muallimin AI-Islamiyah IBNUL QOYYIM Yogyakarta))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH (Studi terhadap Pengembangan Kurikulum PAI di MA Kulliyatul Muallimin AI-Islamiyah IBNUL QOYYIM Yogyakarta))
BAB II, III, IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Lembaga Madarasah Ali yah (MA) KMI lbnul Qoyyim Y ogyakarta mencoba merancang, melaksanakan dan mengembangkan model-model kurikulum sebagai jembatan penghubung antara kurikulum pesantren di satu sisi dan kurikulum madrasah di sisi lainnya. Integralisasi kedua kurikulum tersebut menjadi titik sentral bagi upaya-upaya pengembangan yang mejadikan M.A KMI lbnul Qoyyim seperti sekarang ini. Penelitian ini mencoba mengkaji dan menelaah Model dan proses Pengembangan Kurikulum di M.A KMI lbnul Qoyyim serta hasil pendidikan yang telah dicapai oleh M.A lbnul Qoyyim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data yang meliputi observasi, dokumentasi dan interview. Dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subyek data dalam penelitian ini adalah tim perancang kurikulum berikut kepala madrasah dan guru. Sedangkan obyek penelitiannya menekankan pada pelaksanaan pengembangan kurikulum pada tahap perencanaan,pelaksanaan pengemban~an kurikulum yang dilaksanakan oleh M.A KMI lbnul Qoyyim Yogyakarta, serta hasil-hasil yang dicapai oleh madrasah yang bersangkutan. Analisis penelitian menggunakan cara berpikir induktif, deduktif, reflektif atau komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya mengintegrasikan kurikulum pesantren dengan Madrasah Aliyah KMI Ibnul Qoyyim pada dasarnya merupakan model Pengembangan kurikulum P AI yang sesuai dengan visi pembangunan nasional sebagaimana dijabarkan dalam GBHN serta sesuai dengan tunlumn m~yru-Mat. (2) PelMsanaan pengembangan kurikulum pada Madrasah Aliyah KMI lbnul Qoyyim, meliputi: membentuk tim pengembang kurikulum, sosialisasi perencanaan pengembangan kurikulum dalam tahap implementasi, mengadakan penilaian atau penelitian terhadap kurikulum yang sedang digunakan, studi penjajagan tentang kemungkinan penyusunan kurikulum baru, merumuskan kriteria-kriteria bagi penentuan kurikulum, penyusunan dan penulisan kurikulum baru. (3) Hasil pendidikan yang dicapai sehubungan dengan pengembangan kurikulum di MA KMI lbnul Qoyyim, meliputi: pertama, dari segi potensi akademik para siswa menunjukkan prestasi yang sangat memuaskan. Kedua, para siswa mampu menguasai bahasa asing, yakni bahasa Arab dan bahasa Inggris. Ketiga, dalam beberapa hal MA KMI lbnul Qoyyim memiliki keunggulan dibanding dengan MA lainnya, seperti seringnya meraih kejuaraan dalam berbagai lomba baik pada tingkat Kabupaten maupun Propinsi DIY. Keempat, MA KMI Ibnul Qoyyim mampu menambah kuatnya pendidikan keislaman bagi para siswanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: 1. Sukiman, S.Ag, M.Pd 2. Drs. Moch. Fuad
Uncontrolled Keywords: kurikulum, PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Jul 2017 00:35
Last Modified: 17 Jul 2017 00:35
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/26363

Actions (login required)

View Item View Item