PENDIDIKAN AKHLAK BAGI REMAJA DALAM MENGHADAPI DAMPAK NEGATIF MODERNISASI (STUDI DI SLTP MUHAMMADIYAH BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)

YANI SATRIYANI, NIM. 0I410955-00 (2005) PENDIDIKAN AKHLAK BAGI REMAJA DALAM MENGHADAPI DAMPAK NEGATIF MODERNISASI (STUDI DI SLTP MUHAMMADIYAH BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AKHLAK BAGI REMAJA DALAM MENGHADAPI DAMPAK NEGATIF MODERNISASI (STUDI DI SLTP MUHAMMADIYAH BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AKHLAK BAGI REMAJA DALAM MENGHADAPI DAMPAK NEGATIF MODERNISASI (STUDI DI SLTP MUHAMMADIYAH BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan pendidikan akhlak bagi remaja dalam menghadapi dampak negatif modemisasi yang merupakan sebuah studi di SLTP Muhamadiyah Banguntapan Bantul Yogyakarta serta berbagai problematika yang dihadapinya. Adapun hasil dari penelitian ini diharapkan dapat berguna dalam upaya pembinaan akhlak para remaja secara kontinyu sehingga dengan adanya modemisasi yang sekarang bukan lagi sebagai sebuah khawatiran yang terlalu ditakutkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SLTP Muhamadiyah Banguntapan Bantul Yogyakarta. Pengumpulan datanya dilakukan dengan melalui pengamatan atau observasi yang intensif, wawancara yang mendalam, dokumentasi serta kuisioner atau penyebaran angket. Analisa dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan adanya dampak negatif modemisasi pada para remaja. Paling besar adalah banyaknya prilaku remaja yang dipengaruhi oleh tayangan televisi terutama acara sinetron, karena dari acara tersebut secara subtansial kurang bemuansa pendidikan, seperti tren pacaran anak sekolahan yang di bumbui dengan ciuman dan pelukan bahkan hubungan badan, gaya busana yang ditampilkan sangat menolak yaitu minim dan transparan, gaya hidup yang angkuh serta konsumtif perilaku mabuk-mabukan dan mengkomsumsi narkoba. Memang ini yang terjadi saat ini, kemudian berakibat buruk pada pola pikir dan gaya hid up sebagian kecil pelajar SLTP Muhamadiyah Banguntapan. Adapun tujuan dari pendidikan akhlak di SLTP Muhamadiyah Banguntapan adalah membangun manusia yang berakhlakul karimah dan mampu bersaing dalam kehidupan modem, dengan menyeimbangkan penguasaan IPTEK dan IMTAQ, sesuai dengan visi dan misi sekolah. Dalam upaya pembinaan terhadap moralitas siswa maka dilakukanlah terobosan berupa pengintesifan pembelajaran agama di sekolah dalam kegian belajar secara "full day". Selain pembinaan dalam kegiatan kelas juga dilakuan upaya lainnya yaitu dengan kegiatan extra kurikuler. diantaranya: Kegiatan TPA, seni baca al-Qur'an, hizbul wathan, pencak silat tapak suci, drum band, karawitan, menjahit tata busana dan pelatihan komputer. Juga dilakukan pembinaan untuk mengendalikan prilaku siswa melalui waktu khusus, yaitu: pembiasaan shalat dhuha, hapalan surat-surat pendek, siraman ruhani bagi putri dan shalat jum'at bagi siswa putra, Kunjungan guru kerumah, dan panggilan orang tua siswa. Dari semua pengintensifan kegiatan pembinaan ini maka akhlak siswa SL TP Muhamadiyah dapat tetjaga, sehingga mampu meminimalkan yang di akibatkan dari dampak negatif modemisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Abd Shomad, MA.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak Remaja, Dampak Modemisasi, SLTP Muhamadiyah Banguntapan Bantul
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 Jul 2017 13:53
Last Modified: 13 Jul 2017 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26369

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum