PENDIDIKAN NILAI-NILAI SOSIAL BAGI ANAK DALAM KELUARGA MUSLIM (Studi Kasus Di RT 09 Dukuh Papringan Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta)

Zakiyah Kholidah NIM. 04410661, (2009) PENDIDIKAN NILAI-NILAI SOSIAL BAGI ANAK DALAM KELUARGA MUSLIM (Studi Kasus Di RT 09 Dukuh Papringan Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN NILAI-NILAI SOSIAL BAGI ANAK DALAM KELUARGA MUSLIM(Studi Kasus Di RT 09 Dukuh Papringan Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta))
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (877kB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN NILAI-NILAI SOSIAL BAGI ANAK DALAM KELUARGA MUSLIM(Studi Kasus Di RT 09 Dukuh Papringan Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta))
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (353kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Latarbelakang penelitian ini adalah bahwa Dukuh Papringan terletak di tengah kota propinsi DIY dengan penduduknya yang memiliki tingkat perekonomian yang memadai dan memiliki tingkat pendidikan SLTA keatas membawa konsekuensi terhadap kehidupan sosial masyarakatnya, terutama dapat terlihat pada nilai-nilai sosial anak. Anak-anak mempunyai solidaritas yang tinggi dalam berteman, mereka belajar tentang kasih sayang, tanggung jawab, dan keserasian hidup kemudian dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun tidak semua anak bisa berinteraksi secara mudah. Berdasarkan keadaan yang demikian mendorong penyusun untuk mengadakan penelitian yang terkaitan dengan pendidikan nilai-nilai sosial. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: nilai-nilai sosial apa saja yang ditanamkan bagi anak dalam keluarga Muslim, bagaimana pelaksanaan pendidikan nilai-nilai sosial bagi anak dalam keluarga Muslim, dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan nilai-nilai sosial bagi anak dalam keluarga Muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pendidikan nilai-nilai sosial bagi anak dalam keluarga Muslim di RT 09 Dukuh Papringan Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai evaluasi atas pengembangan pendidikan dan mampu menghasilkan anak didik yang berkualitas serta memiliki kemampuan dalam menghadapi masa depan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil objek penelitian yaitu Pendidikan Nilai-nilai Sosial bagi Anak dalam Keluarga Muslim Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai-nilai sosial yang ditanamkan pada anak dalam keluarga Muslim RT 09 Papringan yaitu pertama, Nilai kasih sayang terdiri dari; Pengabdian, tolong menolong, kekeluargaan, dan kepedulian. Kedua, Nilai tanggung jawab berupa disiplin. Dan ketiga, Nilai keserasian hidup terdiri dari toleransi dan kerja sama. (2) Orang tua menanamkan pada diri anak tentang nilai-nilai sosial dengan cara membiasakan anak untuk mengabdi pada Allah, membantu orang tua, disiplin dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari, toleransi terhadap orang lain, menjalin silaturrahim, peduli terhadap semua orang, dan gotong rotong untuk menjalin sifat kebersamaan. (3) faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan nilai-nilai sosial yaitu pertama, faktor pendukung; taman pendidikan Al-Qur’an, pendidikan formal, teman sepermainan, dan lingkungan positif. Dan kedua, faktor penghambat; anak terlalu banyak waktu bermain, dan kurang pengawasaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Sabaruddin, MSi.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Nilai, Sosial, Keluarga, Muslim
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2012 16:27
Last Modified: 13 Aug 2012 16:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2638

Actions (login required)

View Item View Item