EKONOMI SYARIAH DAN LINGKUNGAN HIDUP (STUDI ANALISIS FATWA DSN-MUI TENTANG PASAR MODAL DAN PEDOMAN UMUM PENERAPAN PRINSIP SYARIAH DI BIDANG PASAR MODAL)

MUHAMMAD KHUTUB, NIM. 1420311056 (2017) EKONOMI SYARIAH DAN LINGKUNGAN HIDUP (STUDI ANALISIS FATWA DSN-MUI TENTANG PASAR MODAL DAN PEDOMAN UMUM PENERAPAN PRINSIP SYARIAH DI BIDANG PASAR MODAL). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKONOMI SYARIAH DAN LINGKUNGAN HIDUP (STUDI ANALISIS FATWA DSN-MUI TENTANG PASAR MODAL DAN PEDOMAN UMUM PENERAPAN PRINSIP SYARIAH DI BIDANG PASAR MODAL))
1420311056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (EKONOMI SYARIAH DAN LINGKUNGAN HIDUP (STUDI ANALISIS FATWA DSN-MUI TENTANG PASAR MODAL DAN PEDOMAN UMUM PENERAPAN PRINSIP SYARIAH DI BIDANG PASAR MODAL))
1420311056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kajian terhadap fatwa pasar modal syariah yang secara prinsip menolak riba tidak hanya disederhanakan sebagai sistem ekonomi anti bunga, tetapi harus ditelusuri lagi pada dampak kemaslahatan yang ditimbulkannya, termasuk dampak perilaku emiten/perusahaan yang terdaftar di Daftar Efek Syariah yang dalam proses pengelolaan atau keberadaannya merusak lingkungan/alam sekitarnya. Persoalan perusakan lingkungan yang dilakukan atas nama pembangunan ekonomi ini sudah menjadi pembahasan yang sangat urgent, baik dalam konteks alam di Indonesia maupun secara global/dunia. Sayangnya, gejala ini tidak dirasakan ketika membaca fatwa DSN-MUI tentang pasar modal syariah yang hanya fokus pada produk-produk yang dihasilkan emiten/perusahaan. Padahal krisis lingkungan saat ini sudah pada taraf membahayakan dan menyangkut kelanjutan hidup manusia di masa yang akan datang. Sehingga pada penelitian ini akan memfokuskan pada bagaimana istinbat hukum fatwa DSN-MUI tentang pasal modal syariah dan bagaimana transaksi pasar modal syariah dalam perspektif maqasid asy-syari’ah fi hifz al-bi’ah. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), bersifat deskriptif-analitik-kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filsafat hukum Islam dengan menyandingkan metode deduktif-induktif. Dalam metode pengumpulan data digunakan metode dokumentasi melalui beberapa literatur yang berkaitan dengan fatwa DSN-MUI tentang pasar modal syariah. Data yang diperoleh kemudian dijadikan bahan analisis dengan menggunakan teori ilmu usul fiqh dan maqasid asy-syari’ah fi hifz al-bi’ah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melakukan istinbat hukum fatwa pasar modal terdapat kekurangan, salah satu yang paling kentara adalah penggunaan kaidah fikih dalam fatwa tersebut terjadi ketidaksesuaian. Di mana seharusnya kaidah yang berbunyi tafriq al-halal min al-haram justru tidak dicantumkan dalam pertimbangan fatwa, padahal dalam produk fatwanya memperbolehkan sistem pencampuran modal antara bank konvensional dan syariah. Hasil penelitian fatwa ini juga terkesan hanya menyikapi kebutuhan ekonomi an sich yang bersifat ekslusif, sementara persoalan sosial lingkungan yang urgen tidak dibahas. Maka dari itu, perlunya pengkajian ulang terhadap fatwa pasar modal yang dapat mengakomodir kepentingan bisnis dan kepentingan lingkungan. Kajian tersebut dapat dilihat dengan menempatkan pemeliharaan lingkungan sebagai upaya pencapaian tertinggi dari tujuan disyariahkannya suatu hukum, sehingga dalam fatwa pasar modal ini dapat memberikan gagasan prinsip-prinsip transaksi (investasi) yang berorientasi pada produk dan jasa yang ramah lingkungan (ecolabelling) dan larangan bertindak desktruktif baik terhadap alam lingkungan maupun lingkungan masyarakat yang menjadi tempat beroperasinya emiten syariah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Moh. Tomtowi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Fatwa DSN-MUI tentang Pasar Modal Syariah, Maqasid asy-Syari’ah fi hifz al-bi’ah, Lingkungan Hidup
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 14 Jul 2017 15:33
Last Modified: 14 Jul 2017 15:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26403

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum