ANALISIS PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, CAPITAL CONSERVATION BUFFER DAN UKURAN PERUSAHAAN (SIZE) TERHADAP LIKUIDITAS BANK MANDIRI SYARIAH DAN BANK MUAMALAT PERIODE TAHUN 2012-2015

ADITYA INDIATMOKO, NIM. 13390135 (2017) ANALISIS PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, CAPITAL CONSERVATION BUFFER DAN UKURAN PERUSAHAAN (SIZE) TERHADAP LIKUIDITAS BANK MANDIRI SYARIAH DAN BANK MUAMALAT PERIODE TAHUN 2012-2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, CAPITAL CONSERVATION BUFFER DAN UKURAN PERUSAHAAN (SIZE) TERHADAP LIKUIDITAS BANK MANDIRI SYARIAH DAN BANK MUAMALAT PERIODE TAHUN 2012-2015)
13390135_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (29MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, CAPITAL CONSERVATION BUFFER DAN UKURAN PERUSAHAAN (SIZE) TERHADAP LIKUIDITAS BANK MANDIRI SYARIAH DAN BANK MUAMALAT PERIODE TAHUN 2012-2015)
13390135_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Saat ini perkembangan dunia perbankan sangat pesat, begitupula yang terjadi dengan kondisi perbankan di Indonesia, persaingan antar perbankan semakin ketat. Industri perbankan adalah industri yang penuh dengan resiko dan bisa dikatakan institusi yang rapuh. Hal ini dikarenakan industri perbankan melibatkan dana dari masyarkat. Salah satu resiko yang harus dihadapi perbankan adalah resiko likuiditas, yang sewaktu-waktu dapat terjadi ketika bank berada pada kondisi yang tidak likuid. Likuiditas bank dapat dipengaruhi dari kecukupan modal yang dimiliki serta aset yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dana pihak ketiga, capital conservation buffer dan ukuran perusahaan (size) terhadap likuiditas perbankan syariah (FDR). Populasi yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah 2 bank umum syariah yaitu Bank Muamalat Indonesia dan Bank Syariah Mandiri. Data yang diambil berupa laporan keuangan triwulan bank syariah dari tahun 2012 sampai tahun 2015. Metode pengolahan data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel dana pihak ketiga, capital conservation buffer dan ukuran perusahaan (size) berpengaruh signifikan terhadap FDR perbankan syariah. Sedangkan secara parsial, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel dana pihak ketiga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap FDR. Variabel Capital Conservation Buffer dan ukuran perusahaan (size) berpengaruh positif dan signifikan terhadap FDR.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: MUHAMMAD GHAFUR WIBOWO, SE., M.Sc
Uncontrolled Keywords: FDR, dana pihak ketiga, capital conservation buffer, dan ukuran perusahaan (size).
Subjects: Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 14 Jul 2017 06:42
Last Modified: 14 Jul 2017 06:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26408

Actions (login required)

View Item View Item