PENGARUH TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF BERBASIS MUHASABAH DALAM MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII BOARDING SCHOOL SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

SUWI WAHYU UTAMI, SPD, NIM. 1520310007 (2017) PENGARUH TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF BERBASIS MUHASABAH DALAM MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII BOARDING SCHOOL SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF BERBASIS MUHASABAH DALAM MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII BOARDING SCHOOL SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
1520310007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF BERBASIS MUHASABAH DALAM MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII BOARDING SCHOOL SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
1520310007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Suwi Wahyu Utami, S.Pd., Pengaruh Teknik Restrukturisasi Kognitif Berbasis Muhasabah dalam Mereduksi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas VIII Boarding School SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam Program Studi Interdisciplinary Islamic Studies UIN Sunan Kalijaga 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh teknik restrukturisasi kognitif berbasis muhasabah dalam mereduksi kejenuhan belajar siswa kelas VIII boarding school SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Menguji perbedaan antara tingkat kejenuhan belajar siswa laki- laki dan siswa perempuan. Menguji apakah ada interaksi antara kelompok dengan jenis kelamin dalam penerapan tindakan untuk mengurangi kejenuhan belajar, dan untuk mengetahui jenis kejenuhan belajar apa saja yang mampu direduksi oleh teknik tersebut. Teknik restrukturisasi kognitif berbasis muhasabah merupakan penggabungan antara teknik restrukturisasi kognitif dengan teknik konseling Islam yakni muhasabah, guna melengkapi proses konseling mencapai pada aspek ruhani dan memahami hakikat manusia sebagai hamba Allah yang senantiasa dianjurkan untuk memperbaiki dan mengevaluasi diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan concurrent embedded (campuran tidak berimbang) dengan penelitian eksperimen desain faktorial (factorial design) sebagai metode primer dan kualitatif sebagai metode sekunder. Subyek penelitian terdiri dari dua kelompok eksperimen dan dua kelompok kontrol, masing-masing laki-laki dan perempuan serta berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh teknik restrukturisasi kognitif berbasis muhasabah dalam menurunkan kejenuhan belajar siswa, dibuktikan dengan F hitung = 170,652 dan sig= 0,000 sehingga Sig α (0,000 0,05), berarti skor (post-test dikurangi pre-test) kontrol berbeda signifikan dengan eksperimen, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Tidak ada perbedaan tingkat kejenuhan belajar siswa laki-laki dan perempuan berdasarkan jenis kelamin, dibuktikan dengan F hitung = 0,155 dan sig= 0,695 dengan Sig α (0,695 0,05), berarti skor (post-test dikurangi pre-test) laki-laki tidak berbeda dengan perempuan, sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Ada interaksi kelompok dengan jenis kelamin dibuktikan dengan F hitung = 4,646 dan sig= 0,034 dengan Sig α (0,034 0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Data kualitatif siswa menunjukkan ada kesadaran akan hakikat masalah sebagai peningkatan derajat, kepasrahan pada Allah, tumbuh semangat berusaha, kesadaran untuk selalu mengevaluasi diri (muhasabah) sebelum dan sesudah tindakan demi perbaikan diri. Sehingga disimpulkan bahwa data kualitatif mendukung data kuantitatif eksperimen

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Suyadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Teknik Restrukturisasi Kognitif Berbasis Muhasabah, Kejenuhan Belajar dan Boarding School
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Jul 2017 09:29
Last Modified: 17 Jul 2017 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26442

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum