PENGARUH STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS DAN FIRMSIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEKS (JII) PERIODE 2011-2015

ULFA NI’MATUS SA’ADAH, NIM. 1520310010 (2017) PENGARUH STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS DAN FIRMSIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEKS (JII) PERIODE 2011-2015. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS DAN FIRMSIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEKS (JII) PERIODE 2011-2015)
1520310010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS DAN FIRMSIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEKS (JII) PERIODE 2011-2015)
1520310010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya perusahaan-perusahaan syariah di Indonesia dalam menghadapi persaingan ekonomi. Perusahaan dituntut untuk menciptakan nilai perusahaan yang tinggi, agar dapat bersaing dengan baik dan tidak tertinggal dengan perusahaan yang lain. Kondisi keuangan yang stabil menjadi salah satu faktor untuk melihat keadaan perusahaan yang baik. Keadaan perusahaan yang baik dapat dilihat dari nilai perusahaan itu sendiri. Nilai perusahaan yang baik dan stabil dapat memenuhi kebutuhan kegiatan perusahaan yang dapat memaksimalkan keuntungan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh rasio struktur modal, profitabilitas dan firmsize terhadap tobinsq yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaanperusahaan yang terdaftar di JII dan konsisten melaporakan laporan keuangan selama periode 2011-2015. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui Pojok Bursa Efek Indonesia Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), media cetak dan elektronik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode analisis data statistik deskriptif dan explanatori. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan yang diwakili oleh TobinsQ, sedangkan variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah DAR (debt to asset ratio), DER (debt to equity ratio) sebagai proxy dari struktur modal, profitabilitas dan firmsize. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel independen penelitian yang terdiri dari DAR, DER, profitabilitas dan firmsize berpengaruh terhadap TobinsQ perusahaan-perusahan yang terdaftar di JII Indonesia. Secara parsial variabel DER dan profitabilitas berpengaruh secara positif terhadap TobinsQ perusahaan. Variabel DAR berpegaruh secara negatif terhadap TobinsQ perusahaan. Hanya ada satu variabel yang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap TobinsQ perusahaan, yaitu variabel firmsize.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Syafiq M. Hanafi, M. Ag Dr. Ibnu Qizam, S.E., Akt., M. Si
Uncontrolled Keywords: TobinsQ, Struktur Modal, Profitabilitas, Firmsize, JII Indonesia
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Jul 2017 09:34
Last Modified: 17 Jul 2017 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26454

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum