PREFERENSI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK IB HASANAH CARD SEBAGAI FINANCIAL CARD PADA BANK BNI SYARIAH CABANG SURABAYA

ANDRO AGIL NUR RAKHMAD, SEI, NIM. 1520310017 (2017) PREFERENSI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK IB HASANAH CARD SEBAGAI FINANCIAL CARD PADA BANK BNI SYARIAH CABANG SURABAYA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PREFERENSI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK IB HASANAH CARD SEBAGAI FINANCIAL CARD PADA BANK BNI SYARIAH CABANG SURABAYA)
1520310017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (2).pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PREFERENSI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK IB HASANAH CARD SEBAGAI FINANCIAL CARD PADA BANK BNI SYARIAH CABANG SURABAYA)
1520310017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (2).pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku konsumtif masyarakat yang terjadi dalam penggunaan kartu kredit, terutama pada kartu kredit syariah (Sharia Card) dan rendahnya pemahaman masyarakat terhadap perilaku konsumtif (israf). Oleh karena itu, penggunaan kartu kredit syariah dan sejenisnya bukanlah pada tingkatan martabat daruriyat (primer) karena selama masih ada jenis pembiayaan lain yang lebih mudah diterima maka kartu kredit ini tidak diperlukan. Di Indonesia ada 3 Bank Umum Syariah yang mengeluarkan (Sharia Card) diantaranya Bank Danamon Syariah, Bank HSBC Syariah dan Bank BNI Syariah, tetapi hanya Bank BNI Syariah yang masih memiliki produk sharia card, dikarenakan pada tahun 2007 Bank Indonesia (BI) mengeluarkan regulasi berupa Surat Bank Indonesia No.9/183/DPbS/2007. Dalam perkembangannya, pemerintah mengeluarkan regulasi melalui Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.11/11/PBI/2009 tentang penyelenggaraan kegiatan alat pembayaran dengan menggunakan kartu yang kemudian diubah dengan PBI Nomor 14/2/PBI/2012, yang menyebabkan terjadinya pengetatan bisnis kartu kredit sehingga banyak bank-bank yang menarik peredaran kartu kreditnya karena tidak banyak menghasilkan profit/keuntungan, termasuk pula yang terjadi pada peredaran kartu syariah di bank syariah seperti Bank Danamon Syariah yang terjadi pada Tahun 2007. Penelitian ini bersifat explanatory menggunakan pendekatan metode kuantitatif dengan memberikan angket (kuesioner) kepada para nasabah IB Hasanah Card Bank BNI Syariah Cabang Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis preferensi (selera) / minat nasabah pada IB Hasanah Card (Sharia Card) dengan melihat faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi nasabah terhadap produk IB Hasanah Card BNI Syariah Cabang Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel independen penelitian yang terdiri dari Akad, Denda, Biaya dan Pelayanan berpengaruh positif terhadap Keputusan Nasabah dalam memilih produk IB Hasanah Card pada Bank BNI Syariah Cabang Surabaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Ibnu Qizam, S.E., Akt., M.Si. Dr. Ibnu Muhdir, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: IB Hasanah Card, Sharia Card, Preferensi Nasabah
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Jul 2017 02:43
Last Modified: 17 Jul 2017 02:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26459

Actions (login required)

View Item View Item