KONSELING KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP KEPEMIMPINAN SISWA MTs YAPI (YAYASAN PEMBANGUNAN ISLAM) PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA

TRI SURYANDARI, NIM. 12220007 (2017) KONSELING KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP KEPEMIMPINAN SISWA MTs YAPI (YAYASAN PEMBANGUNAN ISLAM) PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP KEPEMIMPINAN SISWA MTs YAPI (YAYASAN PEMBANGUNAN ISLAM) PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA)
10220024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KONSELING KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP KEPEMIMPINAN SISWA MTs YAPI (YAYASAN PEMBANGUNAN ISLAM) PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA)
10220024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Generasi muda merupakan SDM (Sumber Daya Manusia) yang begitu potensial dalam upaya membangun bangsa, karena keberlangsungan bangsa ada pada diri seorang remaja sebagai perjuangan kemerdekaan. Sikap kepemimpinan siswa sangat penting dalam dunia pendidikan, hal ini dikarenakan siswa sebagai “agent of change” harus dapat memberikan perubahan di dalam masyarakat. Pada dasarnya adanya kepemimpinan adalah untuk mengatur manusia secara lebih efektif dalam pencapaian tujuan. Seorang pemimpin akan sukses apabila mampu mempengaruhi orang lain yang ada di bawahnya untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahap-tahap pelaksanaan konseling kelompok dalam mengembangkan sikap kepemimpinan siswa di MTs YAPI (Yayasan Pembangunan Islam) Pakem Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang dilakukan terhadap obyek yang diteliti untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan, dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitiannya adalah guru Bimbingan dan Konseling dan siswa yang mengikuti kegiatan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa tahap-tahap konseling kelompok dalam mengembangkan sikap kepemimpinan siswa MTs YAPI (Yayasan Pembangunan Islam) Pakem Sleman adalah: tahap pembentukan kelompok, tahap permulaan (orientasi dan eksplorasi), tahap transisi, tahap kerja atau kegiatan konseling kelompok, tahap akhir dan tahap evaluasi atau tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Muhsin Kalida, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Sikap Kepemimpinan
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Jul 2017 02:49
Last Modified: 25 Jul 2017 02:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26471

Actions (login required)

View Item View Item