PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) SAPEN YOGYAKARTA

SITI ZULAIKHA NM. 04420931, (2009) PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) SAPEN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) SAPEN YOGYAKARTA)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (559kB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) SAPEN YOGYAKARTA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (141kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaran bahasa arab dengan metode bernyanyi, problematika dalam pengajaran bahasa arab dengan metode bernyanyi serta untuk mengetahui upaya yang bisa dilakukan guru dalam mengatasi masalah-masalah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan mengambil latar TK ABA Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Sapen Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif dengan menggunakan metode induktif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Pelaksanaan pembelajaran bahasa arab dengan metode bernyanyi sudah efektif dan metode bernyanyi telah memberikan kontribusi yang besar dalam pembelajaran bahasa arab. Hal ini terbukti seperti cepatnya para siswa hapal dengan mufradat melalui bernyanyi. Pelaksanaan pembelajaran bahasa arab meliputi: a. persiapan (tujuan pengajaran, materi, metode dan media), b. pelaksanaan (tahap awal, inti dan penutup), c. evaluasi 2) Problematika yang paling krusial pada problem linguistik adalah tata bunyi dan kosa kata, ini disebabkan karena anak pada usia dini belum begitu fasih dalam pelafalan huruf-huruf dan mudah lupa dalam menghafal kosakata jika tidak di ulang-ulang, apalagi bahasa asing. Sedangkan problem non linguistik: dari segi guru, kurang menguasai bahasa arab, salah dalam penulisan mufrodat. Faktor ini disebabkan karena guru bukan lulusan dari jurusan pendidikan bahasa arab. Dari segi sarana tidak adanya buku panduan khusus bahasa arab pegangan guru, dan dari segi sosial budaya yang berbeda dengan orang arab. 3) Upaya guru yang bisa dilakukan dalam mengatasi problematika pembelajaran bahasa arab dengan metode bernyanyi yaitu mengusahakan buku panduan khusus bahasa arab pegangan guru dan murid, memperbanyak lagu-lagu dari bahasa arab dan syairnya di ganti-ganti, meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran bahasa arab, dan dalam pengajaran lebih memperhatikan aspek bunyi dan selalu mengulang kosakata yang telah diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Problematika, Implementasi, Metode, Bernyanyi, Pembelajaran, Bahasa Arab, Anak, Usia, Dini
Subjects: Bahasa Arab
Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 09 Aug 2012 09:33
Last Modified: 03 Apr 2017 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2648

Actions (login required)

View Item View Item