PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT, REGULASI DIRI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) SMP NEGERI 13 YOGYAKARTA

ERLIN DWI KUSUMAWATI, SPSI, NIM. 1520310037 (2017) PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT, REGULASI DIRI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) SMP NEGERI 13 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT, REGULASI DIRI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) SMP NEGERI 13 YOGYAKARTA)
1520310037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT, REGULASI DIRI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) SMP NEGERI 13 YOGYAKARTA)
1520310037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembentukan kelas khusus olahraga (KKO) di Daerah Istimewa Yogyakarta yang bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam bidang olahraga masih memerlukan perhatian lebih serius. Hal ini dikarenakan, kurikulum yang disusun masih menitikberatkan pada persoalan fisik, belum ada perhatian pada kondisi psikologis siswa. Padahal, menurut pakar psikologi olahraga, faktor mental/psikologis memberikan pengaruh sebesar 80% terhadap penampilan puncak seorang atlet dan hanya sebesar 20% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hal tersebut, kiranya penting dilakukan kajian mengenai faktor psikologis apa saja yang memiliki pengaruh terhadap motivasi berprestasi seorang atlet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adversity quotient, regulasi diri dan efikasi diri terhadap motivasi berprestasi siswa kelas khusus olahraga (KKO) SMP Negeri 13 Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh yang signifikan antara adversity quotient, regulasi diri dan efikasi diri terhadap motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa KKO SMP Negeri 13 Yogyakarta berjumlah 87 siswa. Penelitian ini juga disebut penelitian populasi karena seluruh populasi menjadi subjek penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala. Analisis data seluruhnya menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistisc 19. Dari hasil analisis penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara adversity quotient, regulasi diri dan efikasi diri terhadap motivasi berprestasi siswa Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMP Negeri 13 Yogyakarta. Variabel Adversity quotient (X1) memberikan kontribusi sebesar 44.6%, kontribusi variabel regulasi diri (X2) sebesar 47.8 %, dan variabel efikasi diri (X3) memiliki kontribusi sebesar 49.2%, sedangkan kontribusi ketiganya secara bersama-sama terhadap motivasi berprestasi sebesar 65.6%. Sisanya sebesar 34.4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Imam Machalli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Adversity Quotient, Regulasi Diri, Efikasi Diri, Motivasi Berprestasi
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Jul 2017 10:38
Last Modified: 17 Jul 2017 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26483

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum