DINAMIKA POLITIK ELITE NU (STUDI TENTANG PERBEDAAN PREFERENSI POLITIK KIAI JAWA TIMUR PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2014)

MISKI, SHI, NIM. 1520310038 (2017) DINAMIKA POLITIK ELITE NU (STUDI TENTANG PERBEDAAN PREFERENSI POLITIK KIAI JAWA TIMUR PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2014). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DINAMIKA POLITIK ELITE NU (STUDI TENTANG PERBEDAAN PREFERENSI POLITIK KIAI JAWA TIMUR PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2014))
1520310038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (DINAMIKA POLITIK ELITE NU (STUDI TENTANG PERBEDAAN PREFERENSI POLITIK KIAI JAWA TIMUR PADA PEMILIHAN PRESIDEN 2014))
1520310038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini fokus pada dinamika politik elite NU dengan studi kasus perbedaan preferensi politik kiai Jawa Timur pada pilpres 2014, dengan rumusan masalah sebagai berikut: pertama, bagaimana bentuk perbedaan preferensi politik kiai Jawa Timur pada pemilihan presiden 2014. Kedua, mengapa terjadi perbedaan preferensi politik antar kiai Jawa Timur. Ketiga, bagaimana mereka memaknai dan merekonsiliasi konflik akibat dari perbedaan preferensi politik tersebut?. Untuk menjawab rumusan masalah di atas, penulis menggunakan empat teori yaitu: teori elite, teori fragmentasi elite, teori al-fiqh al-Ikhtilaf, dan teori resolusi konflik. Teori elite untuk menganalisis peran politik kiai dipanggung pemilu Indonesia. Teori fragmentasi elite digunakan untuk menganalisis spektrum perbedaan politik dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perbedaan. Teori al-fiqh al-ikhtilaf untuk menganalisis pendapat kiai tentang makna fragmentasi politik. Sedangkan teori resolusi konflik adalah untuk menganalisis penyelesaian konflik akibat dari perbedaan politik tersebut. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif-deskriptif. Sumber data terdiri dari data primer dan skunder yang diperoleh melalui kajian pustaka (library research) dan wawancara mendalam (indepth interview). Data yang sudah terkumpul tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan pengambilan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian ini sebagai berikut: bentuk perbedaan preferensi politik kiai Jawa Timur pada pilpres 2014 terdapat tiga kubu kiai: pertama, kubu Prabowo-Hatta. Kedua, kubu Jokowi-JK. Ketiga, independen/netral. Dalam konteks pilpres 2014 kiai berperan sebagai: pertama, sebagai aktor yaitu kiai berperan sebagai tim sukses atau juru kampanye. Kedua, hanya sebagai pendukung. Ketiga, sebagai partisipan yaitu kiai yang hanya memberikan restu pada semua capres tapi tidak terlibat dalam saling dukung-mendukung. Perbedaan preferensi politik kiai tersebut dipengaruhi oleh adanya spektrum mainstrem kiai, utamanya dalam aras politik ke-NU-an, sehingga menimbulkan beberapa kelompok kiai antara lain: kelompok fundamentalis politik, moderat politik, dan kelompok khittois produktif. Perbedaan preferensi politik kiai dipengaruhi oleh beberapa faktor sebagai berikut: (1). Faktor internal yaitu: a) kontinuitas konflik politik di internal NU. b) Organisasi NU yang inklusif. (2). Faktor eksternal yaitu: a) terjadinya transisi dan liberalisasi politik di Indonesia. b) pragmatisme politik kiai. Perbedaan preferensi politik antar kiai adalah rohmat dan dihalalkan oleh Islam. Perbedaan politik dikalangan para kiai biasanya cuma sesaat dan temporal dan tidak merambah ke bentuk konflik apalagi perpecahan. Sedangkan rekonsiliasi ala kiai itu bersifat kekeluargaan dan sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ocktoberrinsyah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kiai, Perbedaan Preferensi Politik, Pilpres 2014
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Jul 2017 10:40
Last Modified: 17 Jul 2017 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26485

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum