PENERAPAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL H.A.R. TILAAR PADA MADRASAH

SAIFUL ABIDIN NIM. 03470577, (2009) PENERAPAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL H.A.R. TILAAR PADA MADRASAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL H.A.R. TILAAR PADA MADRASAH)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL H.A.R. TILAAR PADA MADRASAH)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (419kB)

Abstract

ABSTRAK Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat multikultural adalah realitas yang tidak dapat dipungkiri. Namun kenyataan ini justru sering menimbulkan konflik. Mengenai keadaan ini H.A.R. Tilaar menyatakan bahwa masyarakat multikultural sebenarnya menyimpan banyak kekuatan, sekaligus menyimpan benih perpecahan jika tidak dikelola dengan baik dan rasional. Sehingga diperlukan upaya menanamkan kesadaran multikulturalisme kepada semua lapisan masyarakat. Salah satunya melalui lembaga pendidikan, terutama pendidikan agama. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pandangan H.A.R. Tilaar mengenai konsep pendidikan multikultural. (2) untuk mengetahui bagaimana jika pendidikan multikultural H.A.R. Tilaar tersebut diterapkan pada madrasah. (3) Dengan hadirnya penelitian pendidikan multikultural H.A.R. Tilaar pada madrasah ini bertujuan mengembangkan mengenai arti, pentingnya keragaman sebagai sesuatu yang sunnatullah. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research), yaitu penelitian yang mengandalkan data-data kepustakaan yang sesuai dengan tema yang dibahas. Adapun sifat dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif karena tidak menggunakan mekanisme statistika untuk mengolah data. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu: Sumber data primer berupa buku-buku hasil karya H.A.R. Tilaar dan Sumber sekunder berupa buku-buku atau karya-karya lain yang sesuai dengan tema penelitian ini. analisis data mengunakan metode deskriptif-analitik. Deskriptif adalah metode yang menggunakan pencarian fakta yang diinterpretasi dengan tepat, Sedangkan analisis adalah menguraikan sesuatu dengan cermat serta terarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Pandangan H.A.R. Tilaar mengenai pendidikan multikultural adalah merupakan proses pengembangan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran, pelatihan, proses, perbuatan, dan cara-cara mendidik yang menghargai pluralitas dan heterogenitas secara humanistik. Pendidikan adalah sebuah konsep, ide atau falsafah sebagai suatu rangkaian kepercayaan (set of believe) dan penjelasan yang mengakui dan menilai pentingnya keragaman budaya dan etnis di dalam membentuk gaya hidup, pengalaman sosial, identitas pribadi, kesempatan-kesempatan pendidikan dari individu, kelompok maupun negara. Beliau mengemukakan gagasan mengenai pendidikan multikultural adalah sebagai tawaran konsep bagi dunia pendidikan Indonesia ke depan, khususnya pendidikan yang bercirikan Islam yang ada di Indonesia dalam hal ini adalah madrasah. (2). Bagaimana jika pendidikan multikultural yang digagas oleh H.A.R. Tilaar tersebut jika diterapkan pada madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam di Indonesia. Dalam hemat penulis hal ini dapat dilakukan dengan cara memasukkan nilai-nilai inti atau core values dari pendidikan multikultural dalam gagasan H.A.R. Tilaar pada madrasah. Nilai-nilai tersebut di antaranya apresiasi terhadap kenyataan pluralitas budaya dalam masyarakat, pengakuan terhadap harkat dan martabat manusia dan hak asasi manusia, pengembangan tanggung jawab masyarakat dunia dan pengembangan tanggung jawab manusia terhadap bumi atau alam semesta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sibawaihi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Konsep, Pendidikan, Multikultural, H.A.R Tilaar, Madrasah
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 13 Aug 2012 09:53
Last Modified: 16 Mar 2017 02:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2649

Actions (login required)

View Item View Item