PENDEKATAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS SISWA MAN 2 SLEMAN DI. YOGYAKARTA

VIVI RIZKI NURMALA, NIM. 13220087 (2017) PENDEKATAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS SISWA MAN 2 SLEMAN DI. YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDEKATAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS SISWA MAN 2 SLEMAN DI. YOGYAKARTA)
13220087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENDEKATAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS SISWA MAN 2 SLEMAN DI. YOGYAKARTA)
13220087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara konseling individu yang digunakan dalam mengatasi perilaku membolos siswa MAN 2 Sleman. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan cara konseling individu dalam mengatasi perilaku membolos siswa MAN 2 Sleman. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah koordinator bimbingan dan konseling yaitu Ibu Yuni Heru Kusumawardani, guru bimbingan dan konseling yaitu Bapak Ruba’i dan tiga orang siswa MAN 2 Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua cara konseling individu yang digunakan dalam mengatasi perilaku membolos siswa MAN 2 Sleman DI. Yogyakarta, yaitu: Pertama, yaitu cara direktif. Cara direktif dilaksanakan pada saat pertemuan pertama di awal proses konseling. Cara ini digunakan dengan tujuan untuk mencari informasi tentang data siswa secara lengkap mengenai permasalahan yang dihadapinya agar dapat dilakukan diagnosis masalah. Dalam cara direktif guru BK bertugas mengarahkan serta menuntun siswa dalam memahami dan memecahkan permasalahannya. Kedua, cara eklektif yang merupakan perpaduan antara cara direktif dan cara non direktif yang dalam penerapannya yakni dengan menyesuaikan kebutuhan siswa dan permasalahan yang dihadapi siswa. Cara eklektif ini juga digunakan dengan menyesuaikan karakter siswa itu sendiri. Siswa diberikan kebebasan dalam mengungkap permasalahannya, tugas guru BK dalam pendekatan eklektif ini juga tetap mengarahkan dan membimbing siswa dalam membuat keputusan akan permasalahannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Slamet, S.Ag, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Konseling Individu, Perilaku Membolos
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2017 13:45
Last Modified: 31 Jul 2017 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26522

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum