KONSELING INDIVIDU BAGI SISWA YANG MELAKUKAN BULLYINGDI MTs N YOGYAKARTA II

LUTFI WAHYUNINGRUM, NIM. 13220116 (2017) KONSELING INDIVIDU BAGI SISWA YANG MELAKUKAN BULLYINGDI MTs N YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING INDIVIDU BAGI SISWA YANG MELAKUKAN BULLYINGDI MTs N YOGYAKARTA II)
13220116_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (KONSELING INDIVIDU BAGI SISWA YANG MELAKUKAN BULLYINGDI MTs N YOGYAKARTA II)
13220116_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini ialah seringnya terjadi bullying yang dilakukan oleh siswa baik dengan teman sebaya, adik kelas maupun kakak tingkatnya. Setiap tahun memang belum tentu adanya bullying, namun pada kelas VIII tahun ajaran 2016/2017 di MTs N Yogyakarta II terdapat bullying yang dilakukan oleh teman sebayanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan bentukbentuk bullying yang dilakukan oleh siswa kepada teman sebayanya yang duduk di kelas VIII pada tahun ajaran 2016/2017 dan tahapan-tahapan pemberian bantuan oleh guru bimbingan dan konseling pada siswa yang melakukan bullying kelas VIII pada tahun ajaran 2016/2017 di MTs N Yogyakarta II. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan objek 3 (tiga) guru bimbingan dan konseling di MTs N Yogyakarta II dan 4 (empat) siswa yang melakukan bullying kelas VIII pada tahun ajaran 2016/2017 di MTs N Yogyakarta II. Sedangkan subjek penelitian ini adalah bentuk-bentuk bullying dan tahapan-tahapan pemberian bantuan yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling kepada siswa yang melakukan bullying kelas VIII tahun ajaran 2016/2017. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan diskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk bullying yang dilakukan oleh siswa kepada teman sebayanya yang duduk di kelas VIII di MTs N Yogyakarta II yaitu bullying verbal, fisik dan sosial. Kemudian dapat kita ketahui tahap-tahap pemberian bantuan yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling kepada siswa yang melakukan bullying yang duduk di kelas VIII tahun ajaran 2016/2017 yaitu meliputi tahap pembinaan hubungan, penilaian masalah, penetapan tujuan, seleksi strategi, implementasi strategi evaluasi dan tindak lanjut dan yang terakhir terminasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abror Sodik, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu, Siswa yang Melakukan Bullying.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2017 14:04
Last Modified: 31 Jul 2017 15:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26536

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum