PERAN PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI KELURAHAN TRIWIDADI PAJANGAN BANTUL

MOH FATHUR ROHMAN, NIM. 10250008 (2017) PERAN PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI KELURAHAN TRIWIDADI PAJANGAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI KELURAHAN TRIWIDADI PAJANGAN BANTUL)
10250008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (2).pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PERAN PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI KELURAHAN TRIWIDADI PAJANGAN BANTUL)
10250008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (2).pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Pendamping PKH Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Kelurahan Triwidadi Pajangan Bantul”. Dalam penelitian ini penulis meneliti tentang bagaimana peran-peran yang dilakukan oleh Para Pendamping PKH dalam proses pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kelurahan Triwidadi, bagaimana hasil yang dicapai dan faktor-faktor penghambat apa yang ada dalam proses pemberdayaan ekonomi masyarakat tersebut. Topik ini dipilih karena pemberdayaan ekonomi merupakan solusi yang dekat untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep pemberdayaan menurut Edi Suharto dan peran community worker menurut Jim Ife. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang menggunakan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang-orang atau pelaku yang dapat diamati. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang bersifat menyeluruh atau holistik dan mendalam. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menentukan informan atau sumber data menggunakan teknik purposive sampling yaitu memilih informan yang dianggap mengetahui permasalahan dan dapat dipercaya untuk menjadi sumber data yang memiliki kebenaran dan pengetahuan yang mendalam. Hasil penelitian terhadap peran pendamping PKH dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di kelurahan Triwidadi Pajangan Bantul adalah bahwa ada beberapa peran yang dilakukan oleh Pendamping PKH yaitu peran fasilitatif, peran edukatif, peran perwakilan dan peran teknis. Hasil pemberdayaan ekonomi yang telah dicapai diantaranya adalah meningkatnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pemberdayaan ekonomi, meningkatnya kemandirian ekonomi warga dan tumbuhnya iklim wirausaha. Sedangkan faktor penghambat yang ditemui dalam proses pemberdayaan adalah rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM), akses jalan belum seluruhnya memadai, mental pasrah atau nrimo ing pandum dan keterbatasan pendanaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Andayani, S.IP, M.SW NIP. 19721016 199903 008
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Pendamping PKH.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 17 Jul 2017 04:52
Last Modified: 17 Jul 2017 04:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26537

Actions (login required)

View Item View Item