TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ASAS KEADILAN DALAM KEBIJAKAN TAX AMNESTY PENGAMPUNAN PAJAK) OLEH PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA

AKHMAD GHOZALI, NIM. 12380002 (2017) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ASAS KEADILAN DALAM KEBIJAKAN TAX AMNESTY PENGAMPUNAN PAJAK) OLEH PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ASAS KEADILAN DALAM KEBIJAKAN TAX AMNESTY (PENGAMPUNAN PAJAK) OLEH PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA)
13380015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ASAS KEADILAN DALAM KEBIJAKAN TAX AMNESTY (PENGAMPUNAN PAJAK) OLEH PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA)
12380002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu usaha pemerintah untuk meningkatkan pendapatan Negara dari sektor pajak, adalah melakukan program tax amnesty (pengampunan pajak) yang efektif berlaku mulai 1 Juli 2016 sampai 31 Maret 2017, sebagaimana termaktub dalam Undang-undang No 11 Tahun 2016 tentang Ketentuan Umum Tax Amnesty (pengampunan pajak) sehubungan dengan penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Untuk Tahun 2015 dan sebelumnya serta pembetulan Surat Pemberitahuan Tahunan Untuk Tahun Pajak sebelum Tahun Pajak 2015. Sebagai kebijakan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat yakni wajib pajak penghasilan (PPh). Tax amnesty dalam prakteknya harus memberikan rasa keadilan dan kepastian hukum untuk tetap terjaganya kemaslahatan antar sesama wajib pajak khususnya dan rakyat pada umumnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research), yaitu dengan cara mengkaji dan menelaah data yang diperoleh dari sumber kepustakaan yaitu bagaimana hukum Islam meninjau kebijakan tax amnesty dan meninjau kebijakan serta keadilan tax amnesty dari Undang-undang No 11 Tahun 2016 di Indonesia. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan normatif, yaitu penyusun mencoba mendekati permasalahan yang ada berdasarkan norma-norma hukum yang kemudian dianalisis sesuai dengan kerangka teori yang digunakan. Sifat penelitian ini adalah deskriptif analisis yaitu memberi gambaran bagaimana kebijakan dan keadilan dalam tax amnesty menurut hukum Islam. Berdasarkan hasil penelitian, pengampunan pajak dalam tahap pertama mendapatkan dana Rp 3.621 triliun, pada tahap kedua mendapatkan Rp 4269 triliun sedangkan pada tahap ketiga belum selesai jangka waktu yang ditentukan. Jadi hasil pendapatannya belum bisa diketahui. Kemudian setelah dilakukan penelitian Kebijakan Tax amnesty di Indonesia secara hukum Islam tidak melanggar aturanaturan syar’i selama masih menggunakan keadilan bagi pemerintah dan rakyat. Tujuan akhir Tax Amnesty adalah terpeliharanya asas keadilan pada semua aspek. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kebijakan Tax Amnesty diperbolehkan oleh hukum Islam selama program ini masih menggunakan asas keadilan dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ratnasari Fajariya Abidin, S.H, M.H.
Uncontrolled Keywords: hukum Islam, keadilan, tax amnesty.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2017 13:13
Last Modified: 31 Jul 2017 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26541

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum