PERUBAHAN PERILAKU KELUARGA TKW (STUDI KASUS PADA KELUARGA YANG ISTRI ATAU IBU MENJADI TKWDI DESA DAMARWULAN KECAMATAN KELING KABUPATEN JEPARA)

TRI BEKTI WIJAYANTI, NIM. 10250022 (2017) PERUBAHAN PERILAKU KELUARGA TKW (STUDI KASUS PADA KELUARGA YANG ISTRI ATAU IBU MENJADI TKWDI DESA DAMARWULAN KECAMATAN KELING KABUPATEN JEPARA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERUBAHAN PERILAKU KELUARGA TKW (STUDI KASUS PADA KELUARGA YANG ISTRI ATAU IBU MENJADI TKWDI DESA DAMARWULAN KECAMATAN KELING KABUPATEN JEPARA))
10250022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERUBAHAN PERILAKU KELUARGA TKW (STUDI KASUS PADA KELUARGA YANG ISTRI ATAU IBU MENJADI TKWDI DESA DAMARWULAN KECAMATAN KELING KABUPATEN JEPARA))
10250022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (312kB)

Abstract

Desa Damarwulan terletak di Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani karena kondisi geografis yang mendukung. Selain itu, tingkat pendidikan mereka mayoritas rendah yakni hanya lulusan SD. Agar mendapatkan penghasilan yang besar, akhirnya istri/ibu yang nekat bekerja sebagai TKW di luar negeri. Penelitian ini bila ditinjau dari sudut tempat penelitian dilakukan, penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau penelitian kancah (field research). Kegiatan penelitian ini dilakukan di lingkungan masyarakat desa Damarwulan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data primer yang terdiri dari suami, istri, anak dan pihak lain yang dekat dengan keluarga TKW. Dalam penelitian ini pemilihan informan/subjek penelitian ditentukan menggunakan purposive sample (sampel tujuan/pertimbangan). Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, sedangkan analisis datanya menggunakan beberapa tahap yaitu: pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian di lapangan, menunjukan faktor-faktor yang mendorong seorang istri/ibu bekerja di luar negeri yakni faktor ekonomi dan keberhasilan para pendahulu. Motivasi utamanyanya karena banyak yang berhasil memiliki rumah bagus, kendaraan bermotor, tanah yang luas serta mampu melunasi hutang-hutang mereka. Dengan berangkatnya para istri ke luar negeri tentunya tidak hanya berdampak positif saja tetapi satu sisi mempunyai dampak negatif terhadap keluarga yang ditinggalkannya yakni terjadinya perubahan perilaku karena ketiadaan istri di rumah. Akibatnya suami memikul tugas dan tanggung jawab istri di dalam rumah tangga. Kepergian istri menjadi TKW akan membawa perubahan pada pola kehidupan keluarga khusunya bagi suami. Dari segi ekonomi dapat dikatakan telah mengalami peningkatan yang cukup baik, tetapi dari segi emosional telah membawa perubahan pada suami yang kemudian berdampak kepada perkembangan anak. Disamping itu, peluang terjadinya miss komunikasi antara istri dan suami akan mampu berdampak terhadap kelangsungan keluarga. Sehingga sering kita jumpai banyak keluarga TKW yang akhirnya memilih untuk bercerai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: ABIDAH MUFLIKHATI.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Tenaga Kerja Wanita (TKW), Perubahan Perilaku, Keluarga.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Jul 2017 06:09
Last Modified: 17 Jul 2017 06:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26542

Actions (login required)

View Item View Item