KESEJAHTERAAN DALAM PERSPEKTIF ABDI DALEM KERATON KASULTANAN YOGYAKARTA (PASCA BERLAKUNYA UNDANG-UNDANG KEISTIMEWAAN NO. 13 TAHUN 2012 )

AYU NURMASANTI, NIM.12250050 (2017) KESEJAHTERAAN DALAM PERSPEKTIF ABDI DALEM KERATON KASULTANAN YOGYAKARTA (PASCA BERLAKUNYA UNDANG-UNDANG KEISTIMEWAAN NO. 13 TAHUN 2012 ). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KESEJAHTERAAN DALAM PERSPEKTIF ABDI DALEM KERATON KASULTANAN YOGYAKARTA (PASCA BERLAKUNYA UNDANG-UNDANG KEISTIMEWAAN NO. 13 TAHUN 2012 ))
12250050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KESEJAHTERAAN DALAM PERSPEKTIF ABDI DALEM KERATON KASULTANAN YOGYAKARTA (PASCA BERLAKUNYA UNDANG-UNDANG KEISTIMEWAAN NO. 13 TAHUN 2012 ))
12250050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ayu Nurmasanti 12250050, Kesejahteraan dalam Perspektif Abdi Dalem Keraton Kasultanan Yogyakarta (Masa Pemerintahan Hamengku Buwono X). Skripsi: Progrm Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2017. Tujuan penelitan yang ingin dicapai adalah mengetahui pandangan kesejahteraan menurut abdi dalem Keraton Yogyakarta pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono X. Serta mengetahui kesejahteraan abdi dalem dari sudut pandang pemerintah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penilitian deskriptif kualitatif dengan metode snowball sampling dan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penlitian adalah abdi dalem Punokawan (4 laki-laki dan 1 perempuan) dengan syarat abdi dalem adalah warga asli Yogyakarta, sudah mengabdi minimal 5 tahun, mempunyai tugas tetap/tidak magang, dan menanggung anggota keluarga non-produktif. Kesejahteraan merupakan hak setiap individu yang seharusnya dimiliki, baik yang didapatkan penuh atas usaha sendiri maupun bantuan dari Pemerintah/negara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa kesejahteraan menurut abdi dalem adalah: hidup diantara keluarga, setiap masalah dapat terselesaikan sehingga terhindar dari konflik, diberikan kesehatan yang menjadikan angka harapan hidup abdi dalem tinggi, hidup berkecukupan dengan jalan yang benar atau tidak melanggar hukum, serta mengabdi kepada raja. Melalui indikator kesejahteraan rakyat, abdi dalem memenuhi syarat menjadi rakyat Yogyakarta yang sejahtera. Abdi dalem dapat memenuhi mayoritas kebutuhan primer dan sekunder yang telah dikelompokkan berdasarkan syarat pemenuhan kebutuhan pokok berdasarkan indikator kesejahteraan rakyat Yogyakarta tahun 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Waryono Abdul Ghofur, M.Ag. NIP: 197010101999031002
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan, abdi dalem keraton.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Jul 2017 13:35
Last Modified: 17 Jul 2017 13:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26549

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum