BIMBINGAN KONSELING SEBAYA (PEER COUNSELING) DALAM PENGEMBANGAN PERILAKU PROSOSIAL REMAJA

SRI KADARSIH SKOM I, NIM. 1520310102 (2017) BIMBINGAN KONSELING SEBAYA (PEER COUNSELING) DALAM PENGEMBANGAN PERILAKU PROSOSIAL REMAJA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KONSELING SEBAYA (PEER COUNSELING) DALAM PENGEMBANGAN PERILAKU PROSOSIAL REMAJA)
1520310102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KONSELING SEBAYA (PEER COUNSELING) DALAM PENGEMBANGAN PERILAKU PROSOSIAL REMAJA)
1520310102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB)

Abstract

Sri Kadarsih, Bimbingan Konseling Sebaya dalam Pengembangan Perilaku Prososial Remaja. Tesis Konsentrasi Bimbingan Konseling IslamProgram Studi Interdisciplinary Islamic StudiesPascasarjana UIN Sunan Kalijaga,2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan peran guru bimbingan konseling dalam melaksanakan layanan konseling, sehingga melibatkan siswa untuk berperan aktif dalam pengembangan sikap positif pada peserta didik.Gurubimbingan konseling memilih beberapa siswa untuk pendampingan teman sebaya yang bermasalah disebut sebagai konselor sebaya. Konselor sebaya memperoleh pelatihan dan bimbingan khusus guna menjadi perpanjangan informasi. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif fenomenologi yakni dengan mendeskripsikan dan memberi makna hasil penelitian.Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan konseling dan siswa yang terpilih menjadi konselor sebaya, dan konseli sebaya.Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan bola salju.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan triangulasai dan member check. Hasil penelitian ini pertama konsep bimbingan konseling sebaya merupakan keterlibatan siswa/remaja sebagai perpanjangan informasi guru bimbingan konseling, namun tidak memberikan wewenang sepenuhnya.Implementasi bimbingan konseling sebaya terdiri dari tahapan bimbingan konseling sebaya, pelaksanaan konseling sederhana, dan faktor pendukung serta penghambat bimbingan konseling sebaya.Hasil pelaksanaan bimbingan konseling sebaya menunjukkan bahwa adanya perubahan pengembangan prilaku prososial pada pribadi konselor maupun konseli sebaya.Hal ditunjukkan dengan aktivitas remaja yang lebih suka membantu sesama, peduli terhadap temannya, dan bertanggung jawab atas beban yang diberikan oleh guru bimbingan konseling.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Azis Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Sebaya, Perilaku Prososial, Remaja
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Jul 2017 13:38
Last Modified: 17 Jul 2017 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26551

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum