PENERAPAN KONSEP ἉN TARᾹḌIN (SUKA SAMA SUKA) TERHADAP PRAKTEK PEMBULATAN HARGA DI SPBU KOTA YOGYAKARTA SPBU MUNGGUR, TERBAN DAN LEMPUYANGAN (TINJAUAN HUKUM ISLAM)

IHYA ULUMMUDDIN, NIM. 13380015 (2017) PENERAPAN KONSEP ἉN TARᾹḌIN (SUKA SAMA SUKA) TERHADAP PRAKTEK PEMBULATAN HARGA DI SPBU KOTA YOGYAKARTA SPBU MUNGGUR, TERBAN DAN LEMPUYANGAN (TINJAUAN HUKUM ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN KONSEP ἉN TARᾹḌIN (SUKA SAMA SUKA) TERHADAP PRAKTEK PEMBULATAN HARGA DI SPBU KOTA YOGYAKARTA SPBU MUNGGUR, TERBAN DAN LEMPUYANGAN (TINJAUAN HUKUM ISLAM))
13380015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN KONSEP ἉN TARᾹḌIN (SUKA SAMA SUKA) TERHADAP PRAKTEK PEMBULATAN HARGA DI SPBU KOTA YOGYAKARTA SPBU MUNGGUR, TERBAN DAN LEMPUYANGAN (TINJAUAN HUKUM ISLAM))
13380015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penerapan konsep ‘an tarᾱḍin (suka sama suka/saling merelakan) terhadap praktik pembulatan harga merupakan hal yang wajib dilakukan oleh pelaku usaha dan konsumen dalam melakukan transaksi jual beli supaya jual beli tersebut sah. Pada pembelian bahan bakar minyak (BBM), sering sekali terjadi pembulatan ketika pengisian BBM penuh (full tangki). Berdasarkan pengamatan di lapangan, ketika terjadi pembulatan harga jarang sekali penjual (operator) melakukan akad secara lisan dengan pembeli (konsumen), sehingga dengan demikian tidak sedikit konsumen yang merasa dirugikan, karena pembulatan lebih sering cenderung ke atas yang menguntungkan pelaku usaha. Dengan demikian banyak yang harus diteliti lebih lanjut mengenai bagaimana penerapan konsep saling merelakan ini ketika terjadi pembulatan harga jual beli BBM dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap permasalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teori jual beli secara universal, dan menggunakan teori ‘an tarᾱḍin serta metode ijtihad Sadd Aż-Żarῑ’ah secara khusus. Dalam hal ini penyusun menggambarkan permasalahan yang ada secara objektif, guna mendeskripsikan penerapan konsep ‘an tarᾱḍin (suka sama suka) terhadap praktik pembulatan harga di SPBU Kota Yogyakarta. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa penerapan konsep ‘an tarᾱḍin (suka sama suka) terhadap praktik pembulatan harga dalam praktiknya di lapangan sebagian besar konsumen merelakan apabila dibulatkan dengan alasan yang beragam, ada yang mengatakan pembulatan tersebut kecil atau nominalnya sedikit cuma beberapa rupiah. Selain itu, tidak ada kerugian yang signifikan karena transaksi dan bertemunya cukup singkat. Sedangkan sebagian lagi tidak merelakan apabila dibulatkan dengan alasan tidak adanya komunikasi atau konfirmasi dari operator dan belum ada kejelasan terkait nominal-nominal yang dibulatkan, apakah untuk didonasikan, untuk karyawan atau untuk perusahaan. Hasil penelitian ini juga menjelaksan bahwa menurut hukum Islam penerapan konsep ‘an tarᾱḍin (suka sama suka) terhadap praktik pembulatan harga terbagi menjadi dua macam, pertama terdapat penyimpangan terkait dengan pembulatan harga yang dilakukan operator, karena konsumen dirugikan. Kerugian yang dialami oleh konsumen jika dianalisis maka hal tersebut menjadi riba atau tambahan. Kedua dianalisis dengan metode sadd aż-żarῑ’ah yaitu tergantung tujuan, pertama apabila tujuannya baik maka diperbolehkan. Dalam hal tersebut tentunya didalamnya terdapat konsep ‘an tarᾱḍin atau unsur kerelaan dapat terpenuhi yaitu konsumen merelakan uang kembalian pembelian BBM dengan upaya preventif atau penjegahan terhadap sesuatu yang akan menimbulkan kemadaratan. Kedua apabila tujuannya buruk maka dilarang. Dalam hal tersebut tentunya adanya unsur paksaan atau menyimpang yang merugikan salah satu pihak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. S. Mudawam, Ma., Mm
Uncontrolled Keywords: hukum Islam, pembulatan harga, an tarᾱḍin
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 27 Jul 2017 01:24
Last Modified: 31 Jul 2017 07:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26554

Actions (login required)

View Item View Item