EFEKTIVITAS KONSELING ISLAMI MENGGUNAKAN KONSEP ZUHUD AL-GHAZALI UNTUK MENGURANGI GAYA HIDUP HEDONIS (KONSUMTIF) PADA SISWA

SULISTIANINGSIH, SSOSI, NIM. 1520310106 (2017) EFEKTIVITAS KONSELING ISLAMI MENGGUNAKAN KONSEP ZUHUD AL-GHAZALI UNTUK MENGURANGI GAYA HIDUP HEDONIS (KONSUMTIF) PADA SISWA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS KONSELING ISLAMI MENGGUNAKAN KONSEP ZUHUD AL-GHAZALI UNTUK MENGURANGI GAYA HIDUP HEDONIS (KONSUMTIF) PADA SISWA)
1520310106_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS KONSELING ISLAMI MENGGUNAKAN KONSEP ZUHUD AL-GHAZALI UNTUK MENGURANGI GAYA HIDUP HEDONIS (KONSUMTIF) PADA SISWA)
1520310106_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)

Abstract

Sulistianingsih, "Efektivitas Konseling Islami Menggunakan Konsep Zuhud Al-Ghazali untuk Mengurangi Gaya Hidup Hedonis Pada Siswa". Tesis. Yogyakarta: Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Program Studi Interdisciplinary Islamic Studies Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peluang memanfaatkan konsep keilmuan Islam sebagai materi layanan konseling Islami di sekolah untuk mengurangi gaya hidup hedonis konseli yang menganut gaya hidup berlebih. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris efektivitas konseling Islami menggunakan konsep zuhud Al-Ghazali untuk mengurangi gaya hidup hedonis siswa SMA Sains Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. Sehingga siswa lebih sederhana dalam memilih gaya hidupnya dan dapat menyeimbangkan antara urusan dunia dengan akhirat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu eksplorasi dan eksperimen. Eksperimen ini menggunakan one group pretest and posttest design, yang melibatkan siswa kelas X dan XI di SMA Sains Al-Qur‟an Wahid Hasyim Yogyakarta yang dipilih melalui purposive sampling dengan kriteria yang sudah ditentukan. Data penelitian dikumpulkan menggunakan skala gaya hidup hedonis, angket, observasi dan wawancara. Data yang terkumpul dari analisis menggunakan uji beda Wilcoxon signed rank test diperoleh hasil dengan nilai sig. 0.012 0,05 dengan Z = -2.524. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan gaya hidup hedonis siswa sebelum dan sesudah pemberian konseling, sedangkan hasil mean sebesar 1.6363 menjadi 1.3538, ini juga menunjukkan terdapat selisih skor antara sebelum diberkan treatment dengan sesudah treatment. Melalui hasil tersebut dapat dikatakan bahwa konseling Islami dengan menggunakan konsep zuhud Al-Ghazali dapan menurunkan gaya hidup hedonis siswa. Penelitian ini berkesimpulan bahwa konseling Islami menggunakan konsep zuhud Al-Ghazali dapat mengurangi gaya hidup hedonis siswa di SMA Sains Al-Qur‟an Yogyakarta. Sehingga pemikiran siswa menjadi lebih baik lagi dalam memilih gaya hidupnya, dan siswa dapat menyeimbangkan urusan dunia dan akhirat dalam kehidupan sehari-harinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Suyadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Konseling Islami, Konsep Zuhud Al-Ghazali, Gaya Hidup Hedonis
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Jul 2017 13:42
Last Modified: 17 Jul 2017 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26555

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum