KEMAMPUAN ADAPTASI SOSIAL ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA SKIZOFRENIA PASCA TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK SOSIALISASI DI GELIMAS JIWO “GERAKAN PEDULI MASYARAKAT SEHAT JIWA” DESA NGESTIHARJO, BANTUL

BRILIAN NURINDA ARIFANI, NIM. 12250058 (2017) KEMAMPUAN ADAPTASI SOSIAL ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA SKIZOFRENIA PASCA TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK SOSIALISASI DI GELIMAS JIWO “GERAKAN PEDULI MASYARAKAT SEHAT JIWA” DESA NGESTIHARJO, BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img] Text (KEMAMPUAN ADAPTASI SOSIAL ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA SKIZOFRENIA PASCA TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK SOSIALISASI DI GELIMAS JIWO “GERAKAN PEDULI MASYARAKAT SEHAT JIWA” DESA NGESTIHARJO, BANTUL)
12250058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)
[img] Text (KEMAMPUAN ADAPTASI SOSIAL ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA SKIZOFRENIA PASCA TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK SOSIALISASI DI GELIMAS JIWO “GERAKAN PEDULI MASYARAKAT SEHAT JIWA” DESA NGESTIHARJO, BANTUL)
12250058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Gelimas jiwo merupakan perkumpulan penderita gangguan jiwa dan keluarga dengan gangguan jiwa berat yang berobat di puskesmas Kasihan II maupun diluar puskesmas, yang secara langsung dalam binaan puskesmas, kader terdidik, FKIK – FKU UMY, Dinas Sosial dan lain – lain dalam program kemitraan. Gelimas Jiwo dilatarbelakangi oleh tingginya angka gangguan jiwa di desa Ngestiharjo. Selain itu tingginya kasus kekambuhan karena pasien putus obat, faktor permasalahan keluarga, menurunnya kualitas hidup pasien dan keluarga, menurunnya tingkat kesejahteraan keluarga akibat kehilangan potensi yang dimiliki, dan minimnya lapangan kerja maupun kesempatan kerja untuk penderita. Pelayanan yang diberikan Gelimas Jiwo untuk orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yaitu berupa rehabilitasi berbasis masyarakat, dalam rehabilitasi ini ODGJ mendapatkan terapi aktivitas kelompok. Salah satunya yaitu terapi aktivitas kelompok sosialisasi. Terapi tersebut diberikan karena adanya permasalahan ODGJ yang menarik diri dari lingkungan dan sulit untuk beradaptasi. Berdasarkan pemaparan di atas, peneliti melakukan penelitian terkait kemampuanadaptasisosialorang dengan gangguan jiwa skizofrenia pascaterapiaktivitaskelompoksosialisasi di Gelimas Jiwo “gerakan peduli masyarakat sehat jiwa” desa Ngestiharjo, Bantul. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah ketua Gelimas Jiwo, keluarga, ODGJ, masyarakat, dan pemilik tempat kerja. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan adaptasi sosial ODGJ pasca TAK Sosialisasi, serta faktor pendukung dan penghambat dalam beradaptasi sosial. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyaji data, dan penarikan kesimpulan, serta keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu pasca Terapi Aktivitas Kelompok Sosialisasi ODGJ mengalami peningkatan dalam kemampuan adaptasi sosial. ODGJ sudah mampu melakukan penyesuaian diri secara baik dengan ciri- ciri mampu berkomunikasi, bersosialisasi, berpartisipasi, mengontrol diri dan mulai mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi baik secara mandiri maupun meminta bantuan orang lain. Kemudian faktor pendukung yang diperoleh ODGJ yaitu berupa edukasi dan dampingan dari keluarga dan masyarakat (Gelimas Jiwo dan tempat kerja). Sedangkan faktor penghambatnya yaitu masih adanya stigma masyarakat terhadap ODGJ.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Abidah Muflihati, S.Ag, M.Si NIP 197703172006042001
Uncontrolled Keywords: Adaptasi Sosial, ODGJ Skizofrenia
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Jul 2017 06:43
Last Modified: 17 Jul 2017 06:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26556

Actions (login required)

View Item View Item