AL QISSAH AL QASIRAH ARD AL BURTUQAL AL HAZIN LI GHASSAN KANAFANI (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMAIYYAH ADABIYYAH LI ALAN SWINGEWOOD)

MUHAMMAD AN'IM 'URWATUL WATSIQ, NIM. 11110144 (2017) AL QISSAH AL QASIRAH ARD AL BURTUQAL AL HAZIN LI GHASSAN KANAFANI (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMAIYYAH ADABIYYAH LI ALAN SWINGEWOOD). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (AL QISSAH AL QASIRAH ARD AL BURTUQAL AL HAZIN LI GHASSAN KANAFANI (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMAIYYAH ADABIYYAH LI ALAN SWINGEWOOD))
11110144_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (AL QISSAH AL QASIRAH ARD AL BURTUQAL AL HAZIN LI GHASSAN KANAFANI (DIRASAH TAHLILIYYAH IJTIMAIYYAH ADABIYYAH LI ALAN SWINGEWOOD))
11110144_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Cerpen “Arḍ al-Burtuqol al-Hazin” karya Ghassan Kanafani merupakan cerpen yang mempresentasikan kondisi sosial masyarakat Palestina atas penghinaan dan penderitaaan yang dialami mereka selama masa peperangan. Cerpen ini merupakan hasil dari pengamatan dan pengalaman pengarang atas keadaan lingkungan dan sosial masyarakat dimana dia tinggal, yaitu negara Palestina. Dalam cerpen ini menceritakan tentang sebuah keluarga pengungsi Palestina yang harus meninggalkan kampung halamannya dan harus mengalami penderitaan serta kemiskinan, cerpen ini menjadi contoh keluarga lain yang bernasib sama yaitu mereka harus mengungsi ke daerah-daerah lain bahkan sampai ke negara lain seperti Lebanon. Penelitian ini menjadikan cerpen “Arḍ al-Burtuqol al-Hazin” karya Ghassan Kanafani sebagai objek material dan teori sosiologi sastra Alan Swingewood sebagai objek formal. Setelah melalui pembacaan dan pengamatan terhadap cerpen “Arḍ al-Burtuqol al- Hazin” yang dikaji menggunakan teori sosiologi sastra Alan Swingewood maka dapat dirumuskan beberapa permasalah yang terkait dalam cerpen tersebut menjadi pertanyaan sebagai berikut. Pertama, apa situasi sosial pengarang melatarbelakangi terciptanya cerpen “Arḍ al-Burtuqol al-Hazin”?. kedua, apa representasi pengungsi Palestina dalam cerpen “Arḍ al-Burtuqol al-Hazin” bisa menjadi peristiwa sejarah ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui situasi sosial pengarang yang melatarbelakangi penciptaan cerpen “Arḍ al-Burtuqol al-Hazin” dan mengetahui representasi pengungsi Palestina yang menjadi peristiwa sejarah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan “Library Research”, yaitu mencari dan mendeskripsikan fakta-fakta dan dilanjutkan dengan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada cerpen “Arḍ al-Burtuqol al-Hazin” terdapat peristiwa sejarah yang direpresentasikan oleh pengungsi Palestina, setelah pengusiran Israel terhadap bangsa Palestina, timbul perderitaan di kalangan para pengungsi di Lebanon antara lain berupa kemiskinan, pengangguran, kelaparan dan anak-anak putus sekolah. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dalam cerpen “Arḍ al-Burtuqol al-Hazin” terdapat usaha pengarang untuk memperlihatkan, memperkenalkan, dan memberitahukan tentang peristiwa sejarah pengungsi Palestina. Pengarang memperlihatkan peristiwa sejarah para pengungsi Palestina dengan cara menuangkan ide-ide cerita berdasarkan permasalahan yang terjadi di Palestina pada masa penjajahan Israel dan permasalahan para pengungsi di Lebanon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Tatik Mariyatut Tasnimah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: arḍ al-Burtuqol al-Hazin”, Ghassan Kanafani
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Jul 2017 08:15
Last Modified: 20 Jul 2017 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26557

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum