PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA PROGRAM PILIHAN STUDI KETERAMPILAN DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM YOGYAKARTA

TOPAN HIDAYAT, SPDI, NIM. 1520310113 (2017) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA PROGRAM PILIHAN STUDI KETERAMPILAN DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA PROGRAM PILIHAN STUDI KETERAMPILAN DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM YOGYAKARTA)
1520310113_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA PROGRAM PILIHAN STUDI KETERAMPILAN DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM YOGYAKARTA)
1520310113_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keefektifan peran dari guru bimbingan dan konseling yang ada di sekolah SDIT Lukman Al-Hakim Yogyakarta dalam menjalankan program layanan bimbingan karir, dimana kondisi siswanya bila ditinjau dari sisi prestasi akademik tergolong mumpuni dalam bidang keterampilan maupun kreativitas yang dimiliki siswa, hal ini dapat terlihat pada prestasi akademik yang selalu mengukir prestasi. Namun dari sebagian prestasi yang diperoleh ada juga dari kalangan siswa yang kurang memprioritaskan diri pada pengembangan kreativitas yang dimiliki, oleh karenanya guru bimbingan dan konseling di SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta berupaya dan berperan aktif dalam meningkatkan kreativitas siswa guna membantu siswa agar dapat mengembangkan potensinya dengan optimal. Penelitian ini mendeskripsikan tentang peran dari guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kreativitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data. Sedangkan dalam menganalisis data, analisa data dilakukan dengan menelaah data, mereduksi, menyusun dalam satuan dan mengategorikannya kemudian memeriksa keabsahannya serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kreativitas siswa pada program pilihan studi keterampilan di SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta telah dilaksanakan dengan optimal. Seperti memberikan layanan pendampingan secara psikologis kepada siswa, sebagai pemberi informasi, sebagai perencana program bimbingan dan konseling, sebagai administrator bimbingan, sebagai penasihat, dan sebagai konsultan, sehingga peserta didik mampu menemukan jati dirinya, mengarahkan siswa dengan mengenal konsep diri, memotivasi siswa dalam berbagai hal serta sebagai teladan bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari. Tugas bimbingan konseling berperan dalam aspek tersebut untuk mewujudkan sebuah program layanan bimbingan konseling dengan melakukan pembinaan agar potensi yang dimiliki peserta didik dapat terarahkan dan terealisasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: H. Hamdan Daulay, MA., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Kreativitas Siswa
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Jul 2017 13:46
Last Modified: 17 Jul 2017 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26558

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum