TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ASPEK-ASPEK PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PRAKTIK JUAL BELI HANDPHONE DI PUSAT KULAKAN HANDPHONE DAN KOMPUTER “KFC” YOGYAKARTA

LUTFI DWI YUSCAHYANI, NIM. 13380016 (2017) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ASPEK-ASPEK PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PRAKTIK JUAL BELI HANDPHONE DI PUSAT KULAKAN HANDPHONE DAN KOMPUTER “KFC” YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ASPEK-ASPEK PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PRAKTIK JUAL BELI HANDPHONE DI PUSAT KULAKAN HANDPHONE DAN KOMPUTER “KFC” YOGYAKARTA)
13380016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ASPEK-ASPEK PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PRAKTIK JUAL BELI HANDPHONE DI PUSAT KULAKAN HANDPHONE DAN KOMPUTER “KFC” YOGYAKARTA)
13380016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Saat ini media informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat, salah satu media informasi dan komunikasi yang berkembang pesat adalah handphone. Seiring berkembangnya kebutuhan masyarakat terhadap handphone, mengakibatkan para pelaku usaha bersaing untuk berbisnis dalam jual beli handphone yang memiliki peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Penyusun akan membahas tentang perlindungan konsumen dalam jual beli handphone di Pusat Kulakan Handphone dan Komputer “KFC” Yogyakarta berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999. Hal yang membuat penyusun tertarik untuk melakukan penelitian ini adalah terdapat beberapa konter handphone di Pusat Kulakan Handphone dan Komputer “KFC” Yogyakarta yang secara sengaja tidak memberikan informasi secara lengkap tentang keadaan handphone. Berangkat dari masalah tersebut, maka penyusun mencoba untuk menulusuri dan meneliti bagaimana perlindungan konsumen dalam praktik jual beli handphone tersebut ditinjau dari peraturan perundangundangan dan hukum Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analitis dan berlokasi di Pusat Kulakan Handphone dan Komputer “KFC” Yogyakarta. Pendekatan masalah yang penyusun gunakan adalah pendekatan secara yuridis-normatif artinya peneliti berangkat dari latar belakang masalah yang ada kemudian ditinjau dengan perspektif yuridis (Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999) serta diinterkoneksikan dengan perspektif normatif (asas-asas muamalat) dan analisis data pada penelitian ini memakai metode induktif dan deduktif. Metode induktif digunakan untuk menganalisis data di lapangan sehingga menarik satu pemahaman tentang tujuan dan manfaat dalam praktik jual beli handphone di Pusat Kulakan Handphone dan Komputer “KFC” Yogyakarta. Sedangkan metode deduktif digunakan untuk menganalisis status hukum dari praktik jual beli handphone tersebut. Hasil dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa jual beli handphone di Pusat Kulakan Handphone dan Komputer “KFC” Yogyakarta telah memenuhi rukun dan syarat jual beli, namun syarat sah jual beli belum terpenuhi sehingga jual beli tersebut menjadi fasid. . Ditinjau dari hukum Islam bahwa jual beli tersebut merupakan salah satu praktik perdagangan yang tidak dibenarkan dalam kaidah hukum Islam, karena bertentangan dengan asas-asas muamalat yaitu asas ‘an tara’din, asas ‘adamul garar dan asas al-bir wa al-taqwa>. Namun, praktik jual beli handphone tersebut menjadi boleh dan sah dilakukan apabila hak kiya>r kedua belah pihak terpenuhi. Terdapat beberapa pelaku usaha tidak memberikan informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang serta tidak secara lengkap memberikan penjelasan penggunaan, perbaikan dan pemeliharaan, serta pelaku usaha telah memperdagangkan barang yang rusak, cacat atau bekas, dan tercemar tanpa memberitahukan informasi secara lengkap dan benar atas barang tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Ratnasari Fajariya Abidin, SH.MH
Uncontrolled Keywords: hukum Islam, jual beli ,asas muamalat
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 26 Jul 2017 06:37
Last Modified: 31 Jul 2017 07:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26560

Actions (login required)

View Item View Item