KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) BERBASIS RASA SYUKUR UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI REMAJA (STUDI EKSPERIMEN DI MTS NEGERI WONOKROMO PLERET BANTUL )

ENIK SARTIKA, SPDI, NIM. 1520310122 (2017) KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) BERBASIS RASA SYUKUR UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI REMAJA (STUDI EKSPERIMEN DI MTS NEGERI WONOKROMO PLERET BANTUL ). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) BERBASIS RASA SYUKUR UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI REMAJA (STUDI EKSPERIMEN DI MTS NEGERI WONOKROMO PLERET BANTUL ))
1520310122_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) BERBASIS RASA SYUKUR UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI REMAJA (STUDI EKSPERIMEN DI MTS NEGERI WONOKROMO PLERET BANTUL ))
1520310122_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)

Abstract

Enik Sartika, "Konseling Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) berbasis Rasa Syukur untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja (Studi Eksperimen di Mts N Wonokromo Pleret Bantul)". Tesis. Yogyakarta: Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Program Studi Interdisciplinary Islamic Studies Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2017. Konsep diri merupakan gambaran yang dimiliki oleh seseorang mengenai diri. Seseorang yang memiliki konsep diri tinggi maka akan membuat mereka lebih percaya diri dan optimis dalam meraih cita-cita yang diinginkan, di sekolah khususnya berdampak pada prestasi belajar yang positif. REBT rasa syukur sebagai pendekatan yang ditawarkan untuk meningkatkan konsep diri seseorang, yaitu mengubah keyakinan irasional (mudah putus asa) menjadi rasional, agar individu sadar akan siapa dirinya, dan potensi apa yang telah ia dapatkan dari Allah sehingga harus bersyukur atas kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Karena dengan bersyukur akan membangkitkan energi positif bagi seseorang yang berdampak akan lebih optimis untuk menjalani kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas Konseling Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) berbasis Rasa Syukur dalam meningkatkan konsep diri siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen model one group pretest and posttest yang melibatkan 7 anak siswa kelas VIII di Mts N Wonokromo Pleret Bantul yang dipilih melalui purposive sampling dengan kriteria yang sudah ditentukan. Pengukuran dilakukan dengan alat ukur psikologi yaitu skala konsep diri. Data yang terkumpul dari analisis menggunakan uji beda Wilcoxon signed rank test diperoleh hasil dengan nilai sig. 0,018 0,05 dengan Z = -2,366. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan konsep diri siswa sebelum dan sesudah pemberian konseling, sedangkan hasil mean sebesar 91,4286 menjadi 124,7143, ini juga menunjukkan terdapat selisih skor antara sebelum diberkan treatment dengan sesudah treatment. Melalui hasil tersebut dapat dikatakan bahwa konseling rational emotive behaviour therapy (REBT) berbasis Rasa Syukur dapat meningkatkan konsep diri siswa. Diantara teknik REBT rasa syukur yang digunakan adalah pertama, dispusting iB yaitu melawan keyakinan dengan memberikan pengetahuan awal mengenai pengertian rasa syukur, manfaatnya, dan cara mewujudkan rasa syukur. Kedua mengaplikasikan rasa syukur dengan relaksasi. Ketiga, memberikan motivasi melalui video motivasi rasa syukur. Keempat, home work yaitu membiasakan untuk berperilaku syukur dikehidupan sehari-hari. Penelitian ini berkesimpulan bahwa konseling rational emotive behaviour therapy (REBT) berbasis rasa syukur dapat meningkatkan konsep diri siswa. Dengan bersyukur seseorang akan mengetahui nikmat potensi yang diberikan oleh Allah swt, dan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ia miliki sehingga mampu untuk mengembangkan dan mengaplikasikan potensi diri dalam kehidupan yang positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hamdan Daulay, M.A, M.Si.
Uncontrolled Keywords: REBT, Rasa Syukur, Konsep Diri
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Jul 2017 14:01
Last Modified: 17 Jul 2017 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26563

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum