PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MASALAH KECANDUAN MINUMAN KERAS DI DESA KRAJAN JOMBORAN KLATEN TENGAH

LIA WIDANINGSIH, NIM. 12250101 (2017) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MASALAH KECANDUAN MINUMAN KERAS DI DESA KRAJAN JOMBORAN KLATEN TENGAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MASALAH KECANDUAN MINUMAN KERAS DI DESA KRAJAN JOMBORAN KLATEN TENGAH)
12250101_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (2).pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MASALAH KECANDUAN MINUMAN KERAS DI DESA KRAJAN JOMBORAN KLATEN TENGAH)
12250101_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (2).pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Lia Widaningsih 12250101, Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Masalah Kecanduan Minuman Keras di Desa Krajan Jomboran Klaten Tengah, Skripsi: Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negri (UIN ) Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2016 sanpai bulan Maret 2017, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap masalah kecanduan minuman keras di desa krajan jomboran klaten tengah. Awal ketertarikan peneliti dilatarbelakabgi oleh adanya beberapa anak yang di desa Jomboran yang suka mengkonsumsi minuman keras. Kebiasaan anak-anak tersebut di pengaruhi dari peran orang tua dalam mengasuh dan membimbing anak, karena tidak dipungkiri bahwa pola asuh orang tua sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana pola asuh orang tua perlu dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek peneltiannya adalah tiga keluarga( keluarga yang mempunyai anak masih sering minum-minuman keras, keluarga yang mempunyai anak tidak sering minum-minuman keras dan keluarga yang mempunyai anak sudah berhenti minum-minuman keras). Dalam pengumpulan data digunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan teknisi analisis data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan teknis analisis data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak yang minum-minuman keras cenderung menyimpang. Anak yang sampai sekarang masih minum-minuman keras karena keluarganya menerapkan pola asuh Otoriter. Kemudian anak yang sudah tidak sering minum-minuman keras karena kedua orang tuanya menerapkan pola asuh Permisif, sedangkan anak yang sudah berhenti minum-minuman keras karena keluarganya menerapkan ola asuh Demokratis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Lathiful Khuluq, Drs, MA,BSW, Ph.D. NIP. 19740408 200604 2 002
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Jul 2017 07:02
Last Modified: 17 Jul 2017 07:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26573

Actions (login required)

View Item View Item