EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM MAMPU-CIQAL UNTUK PEREMPUAN DIFABEL KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA

CHAERIZANISAZI, NIM. 13250004 (2017) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM MAMPU-CIQAL UNTUK PEREMPUAN DIFABEL KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM MAMPU-CIQAL UNTUK PEREMPUAN DIFABEL KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA)
13250004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM MAMPU-CIQAL UNTUK PEREMPUAN DIFABEL KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA)
13250004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Kekerasan sampai saat ini telah menjadi permasalahan sosial yang memerlukan solusi penanganan secara intensif, pada kenyataannya mayoritas korban dari tindak kekerasan adalah perempuan. Dari beberapa lembaga pemerintah Indonesia hingga lembaga internasional telah mengupayakan berbagai kebijakan program untuk menekan tingkat kekerasan itu sendiri, salah satunya adalah program (Maju Perempuan Indonesia Untuk Penanggulangan Kemiskinan) MAMPU yang berasal dari Australia telah bekerjasama dengan pemerintah Indonesia untuk mencegah tindak kekerasan melalui beberapa kegiatan program pemberdayaan untuk perempuan korban kekerasan. Tidak hanya dialami oleh perempuan non difabel, kekerasan juga rentan dialami oleh perempuan difabel, di Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri menurut data dari organisasi CIQAL yang menangani beberapa kasus korban kekerasan menyatakan bahwa telah tercatat 76 perempuan difabel telah mengalami tindak kekerasan yang mayoritas dari mereka mengalami tindak kekerasan seksual. Dalam penanganan kekerasan tentunya memerlukan implementasi program yang maksimal melalui evaluasi ataupun monitoring program, sehingga program lebih berkualitas dan mampu menekan angka kekerasan tersebut, untuk itu pada pembahasan penelitian ini menggunakan metode evaluasi program. Terkait metode evaluasi yang digunakan adalah evaluasi Context (kegiatan yang mencakup kebutuhan), input ( membahas kegiatan/perencanaan program), proses (implementasi kegiatan program), dan Output/Product (terkait pencapaian tujuan atau dampak dari pelaksanaan program). Metode evaluasi digunakan untuk mengevaluasi program MAMPU yang diselenggarakan oleh organisasi CIQAL dalam penanganan perempuan difabel korban kekerasan seksual. Adapun hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa evaluasi program MAMPU yang diselenggarakan CIQAL belum berjalan secara maksimal, sehingga memerlukan rekomendasi solusi untuk pencapaian tujuan program agar dapat mensejahterahkan perempuan difabel korban kekerasan seksual, misalnya melalui kegiatan program yang dapat mengadvokasi korban dari segi pemberlakuan kebijakan perlindungan hukum untuk korban, ataupun membuat korban kembali berdaya dengan melibatkan pemerintah dan masyarakat dalam evaluasi pelaksanaan program yang bertujuan membantu korban agar mampu mencapai kesejahteraan dalam menjalani aktivitas kehidupannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Andayani, S.IP, MSW NIP. 19721016 199903 2 008
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Perempuan Difabel, Kekerasan Seksual, Pendampingan, dan Kesejahteraan Sosial.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Jul 2017 07:08
Last Modified: 17 Jul 2017 07:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26578

Actions (login required)

View Item View Item