TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM TERHADAP PEMBAYARAN ZAKAT PROFESI PEGAWAI NEGERI SIPIL GURU DI KECAMATAN PAKEM YOGYAKARTA

MUHAMAD SIDIK, NIM. 13380056 (2017) TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM TERHADAP PEMBAYARAN ZAKAT PROFESI PEGAWAI NEGERI SIPIL GURU DI KECAMATAN PAKEM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM TERHADAP PEMBAYARAN ZAKAT PROFESI PEGAWAI NEGERI SIPIL GURU DI KECAMATAN PAKEM YOGYAKARTA)
13380056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM TERHADAP PEMBAYARAN ZAKAT PROFESI PEGAWAI NEGERI SIPIL GURU DI KECAMATAN PAKEM YOGYAKARTA)
13380056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Zakat profesi adalah zakat yang dikenakan pada setiap pekerjaan atau profesi tertentu, seperti dokter, advokat, pegawai negeri, dan lain sebagainya yang telah mencapai nisab. Dalam pelaksanaan zakat profesi pegawai negeri sipil guru di Kecamatan Pakem adalah dengan cara potong gaji secara langsung dari gaji pokok yang diterima guru setiap bulan. Zakat profesi pegawai negeri sipil guru dilaksanakan kepada seluruh guru yang sudah PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan dikenakan kepada semua golongan pegawai negeri sipil guru dengan potongan 2,5%. Akan tetapi dalam kenyataan yang penyusun temui, ada sebagian guru yang belum melaksanakan zakat profesi, bahkan di sisi lain ada yang melaksanakan zakat profesi melebihi 2,5% dan ada juga yang hanya mengeluarkan infak setiap bulannya. Pembayaran serta pengelolaan zakat profesi pegawai negeri sipil guru di Kecamatan Pakem dilakukan dan di kelola oleh badan ZIS yang ada di sekolah masing-masing, baik itu sekolah yang dibawah naungan Kementerian Agama seperti MA Negeri 4 Pakem, MTs Negeri 7 Pakem maupun sekolah yang dibawah naungan dinas pendidikan seperti SMP Negeri 1 Pakem. Pendistribusian zakat juga dilakukan sesuai pengelola ZIS di masing-masing sekolah tersebut. Dalam penelitian skripsi ini, penyusun menggunakan jenis penelitian field research dengan cara penyusun datang langsung ke lokasi yaitu Kecamatan pakem yang objeknya adalah pegawai negeri sipil guru di Kecamatan Pakem. Sifat penelitian ini adalah deskriptif analitis, yaitu dengan menggambarkan tentang bagaimana pelaksanaan pembayaran zakat profesi pegawai negeri sipil guru di Kecamatan pakem yang di dalamnya mencakup tiga aspek yaitu: pembayaran zakat profesi, penghimpunan serta pendistribusian. Dalam penelitian skripsi yang dilakukan penyusun, pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan sosiologi hukum, yaitu penelitian dengan tujuan untuk mendekati masalah-masalah yang ada dalam pelaksanaan pembayaran zakat profesi pegawai negeri sipil guru di Kecamatan Pakem yang mencakup kesadaran hukum dan efektifitas hukum. Pendekaan sosiologi hukum yang digunakan dalam penelitian ini merupakan sebuah teori yang digunakan penyusun sebagai alat bedah dalam mengurai permasalahan menenai zakat profesi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penyusun, pelaksanaan pembayaran zakat profesi pegawai negeri sipil guru di Kecamatan Pakem dipengaruhi berbagai faktor. Faktor-faktor tersebut meliputi: Pertama, faktor agama yang dimana faktor ini cenderung dipengaruhi atau dilakasanakan berdasarkan adanya peraturan yaitu adanya dasar hukum yang dijadikan pedoman dalam pelaksanaan zakat profesi. Kedua, faktor administrasi, faktor ini ada karena dilandasi peraturan yang berupa ketetapan yang ditentukan oleh lembaga yang ada di sekolah tersebut dalam hal ini adalah pengelola ZIS (Zakat Infaq dan Shodaqoh). Ketiga, faktor ekonomi dan keempat adalah faktor sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Hamim Ilyas, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Zakat profesi, shodaqoh, hukum islam
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:45
Last Modified: 31 Jul 2017 07:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26581

Actions (login required)

View Item View Item