TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENYELESAIAN WANPRESTASI PADA PERJANJIAN PINJAMAN (STUDI KASUS DI KOPERASI SIMPAN PINJAM SRI RAHAYU PURWOREJO)

NUR FATMAWANTI, NIM. 13380059 (2017) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENYELESAIAN WANPRESTASI PADA PERJANJIAN PINJAMAN (STUDI KASUS DI KOPERASI SIMPAN PINJAM SRI RAHAYU PURWOREJO). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENYELESAIAN WANPRESTASI PADA PERJANJIAN PINJAMAN (STUDI KASUS DI KOPERASI SIMPAN PINJAM SRI RAHAYU PURWOREJO))
13380059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENYELESAIAN WANPRESTASI PADA PERJANJIAN PINJAMAN (STUDI KASUS DI KOPERASI SIMPAN PINJAM SRI RAHAYU PURWOREJO))
13380059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Koperasi merupakan lembaga keuangan berbadan hukum yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat karena dijalankan atas asas kekeluargaan dimana setiap anggota merupakan pemilik koperasi dan mempunyai hak serta kewajiban yang sama. Namun pada kenyataannya, dalam perjanjian pinjaman timbul suatu masalah dimana debitur tidak memenuhi kewajibannya sesuai dengan dengan kesepakatan dalam perjanjian. Hal tersebut juga terjadi di Koperasi Simpan Pinjam Sri Rahayu Purworejo. Berdasarkan uraian diatas, peneliti mengambil dua pokok permasalahan, yaitu, bagaimana penyelesaian wanprestasi perjanjian pinjaman di Koperasi Simpan Pinjam Sri Rahayu? Bagaimana penyelesaian wanprestasi perjanjian pinjaman di Koperasi Simpan Pinjam Sri Rahayu ditinjau dari Hukum Islam?. Dalam penelitian ini, jenis penelitiannya adalah field research dan sifatnya adalah yuridis normatf, artinya berangkat dari latar belakang masalah kemudian ditinjau secara yuridis (KUHPerdata, UU No.25 tahun 1992 tentang Perkoperasian, dll) kemudian diinterkoneksikan dengan perspektif normatif (asasasas muamalat, penyelesaian sengketa dalam Islam) Sedangkan langkah yang digunakan dalam teknik pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, wawancara, dokumen-dokumen kemudian dianalisia menggunakan analisis data metode deduktif. Dari penelitian yang sudah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa bentuk penyelesaian wanprestasi yang dilakukan oleh pihak koperasi telah sesuai secara yuridis dan hukum Islam dimana penyelesaiannya dilakukan dengan cara damai yaitu musyawarah mufakat, rescheduling, reconditioning, hingga pemutihan hutang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Ratnasari Fajariya Abidin, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Koperasi, hokum islam
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 26 Jul 2017 06:33
Last Modified: 31 Jul 2017 07:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26585

Actions (login required)

View Item View Item