EVALUASI PENERAPAN PEMASARAN PADA RITEL DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Pada Minimarket: Syar’e Mart di Kampus Universitas Islam Indonesia)

PUJI PRAMUDYA WARDANI, NIM. 13380076 (2017) EVALUASI PENERAPAN PEMASARAN PADA RITEL DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Pada Minimarket: Syar’e Mart di Kampus Universitas Islam Indonesia). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PENERAPAN PEMASARAN PADA RITEL DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Pada Minimarket: Syar’e Mart di Kampus Universitas Islam Indonesia))
13380076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PENERAPAN PEMASARAN PADA RITEL DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Pada Minimarket: Syar’e Mart di Kampus Universitas Islam Indonesia))
13380076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Minimarket Syar‟e Mart adalah minimarket yang berlokasi di Kampus Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, yang menggunakan nama (brand) dengan makna islami. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kegiatan pemasaran oleh Syar‟e Mart, sehingga diperoleh perbandingan antara praktik konvensional dengan Syari‟ah dan untuk mengetahui penerapan pemasaran Syari‟ah berdasarkan hukum Islam (maq id asy-Syarî’ah) atau hanya sekedar nama atau logo. Penelitian yang digunakan berdasarkan penelitian survei dan komponen pemasaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah komponen produk, harga, tempat, promosi, pelayanan, display dan kebersihan. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling, sebanyak 50 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komponen produk yang ditawarkan sudah memenuhi standah Syari‟ah yaitu berlabel halal dari LP-Pom MUI, komponen harga yang diterapkan sesuai tuntunan syar’î dengan menggunanakan sistem murâba ah, komponen tempat (distribusi) diterapkan secara Syari‟ah dengan tempat yang strategis, komponen promosi sudah diterapkan sesuai Syari‟ah dengan tidak melakukan promosi yang berlebihan dan mengandung unsur penipuan, komponen display yang menarik dan komponen kebersihan yang selalu terjaga adalah sudah diterapkan secara syar’î , sedangkan komponen pelayanan belum Syari‟ah karena keramahan dan ucapan salam belum dilakukan secara maksimal. Atas dasar penelitian, Minimarket Syar‟e Mart secara umum sudah memenuhi persyaratan minimarket yang menerapkan pemasaran Syari‟ah. Berdasarkan tinjauan Syari‟ah, pemasaran dapat diwujudkan dengan kriteria: Produk yang dijual adalah halal (mendapatkan sertifikasi halal dari LPPOM MUI); barang yang dijual terhindar dari unsur H-MAGRIB (haram, maisîr, garar dan riba); harga murah; barang rusak atau jelek tidak disembunyikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj.Widyarini, M. M
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Syari‟ah, Produk, Harga, dan Pelayanan,
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2017 13:51
Last Modified: 31 Jul 2017 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26588

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum