KETERLIBATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM PEMBANGUNAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (STUDI KASUS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) THE PHOENIX HOTEL YOGYAKARTA)

NUR HASAN MUSTOFA, NIM. 13250039 (2017) KETERLIBATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM PEMBANGUNAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (STUDI KASUS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) THE PHOENIX HOTEL YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KETERLIBATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM PEMBANGUNAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (STUDI KASUS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) THE PHOENIX HOTEL YOGYAKARTA))
13250039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (KETERLIBATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM PEMBANGUNAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (STUDI KASUS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) THE PHOENIX HOTEL YOGYAKARTA))
13250039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

The Phoenix Hotel Yogyakarta merupakan perusahaan perhotelan dan masuk dalam salah satu bagian dari Grup Accor. Grup Accor adalah sebuah perusahaan multinasional yang mengoperasikan sistem waralaba dibidang perhotelan yang berpusat di Paris, Perancis. Keberadaan sebuah perusahaan tidak bisa terlepas pada pencarian keuntungan (profit) tetapi juga tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan. Adapun tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan mencakup lingkungan internal dan eksternal perusahaan dimanifestasikan dengan pelaksanaan program corporate social responsibility (CSR). Pelaksanaan CSR The Phoenix Hotel mencakup; internal perusahaan, eksternal perusahaan, dan lingkungan hidup. Tujuan dalam keterlibatan tersebut yakni guna mencapai pembangunan kesejahteraan sosial. Proses pencapaian pembangunan kesejahteraan sosial melibatkan peranan tiga sektor penting yakni pemerintah selaku pemangku kebijakan, perusahaan selaku penyelenggara CSR, dan pihak lain yang terdiri dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Peruguruan Tinggi selaku kontributor dalam pembaharuan kualitas pelaksanaan CSR yang berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan narasi deskriptif. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan mencakup wawancara, obervasi, dokumentasi, dan arsip media massa yang memberitakan terkait pelaksanaan CSR The Phoenix Hotel. Teknik pemilihan informan penelitian ini menggunakan purposive sampling yakni berdasarkan pertimbangan pihak yang berpengalaman dan sesuai dengan tujuan penelitian. Upaya pembangunan kesejahteraan sosial yang dilakukan oleh The Phoenix Hotel berkolaborasi dengan tiga sektor penting. Pertama, pemerintah dalam hal ini menetapkan Peraturan Daerah Istimewa Yogyakarta No. 6 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan. Kedua, Perusahaan dalam hal ini The Phoenix Hotel selaku penyelenggara CSR. Sasaran dalam pelaksanaan CSR ini mencakup lingkungan internal (pegawai perusahaan), lingkungan eksternal atau masyarakat sekitar (penguatan lembaga/institusi sosial, pemberian beasiswa, pelayanan kesehatan gratis, pemberian pelatihan/keterampilan, dan penyelenggaraan kegiatan keagamaan). Ketiga, pihak lain yang mencakup LSM dan perguruan tinggi. Adapun peranan dari pihak lain yakni melakukan pengkajian ilmiah terkait pelaksanaan CSR yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Izzul Haq, S.Sos., M. Sc. NIP. 19810823 200901 1 007
Uncontrolled Keywords: The Phoenix Hotel, grup Accor, corporate social responsibility (CSR), pembangunan kesejahteraan sosial.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Jul 2017 14:23
Last Modified: 17 Jul 2017 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26590

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum