KESEJAHTERAAN ANAK PASANGAN USIA MUDA (STUDI DI KAMPUNG MEKAR ASIH, DESA JAYAGIRI, KECAMATAN SIDANG BARANG, CIANJUR JAWA BARAT)

LISNADEWI, NIM. 13250049 (2017) KESEJAHTERAAN ANAK PASANGAN USIA MUDA (STUDI DI KAMPUNG MEKAR ASIH, DESA JAYAGIRI, KECAMATAN SIDANG BARANG, CIANJUR JAWA BARAT). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KESEJAHTERAAN ANAK PASANGAN USIA MUDA (STUDI DI KAMPUNG MEKAR ASIH, DESA JAYAGIRI, KECAMATAN SIDANG BARANG, CIANJUR JAWA BARAT))
13250049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KESEJAHTERAAN ANAK PASANGAN USIA MUDA (STUDI DI KAMPUNG MEKAR ASIH, DESA JAYAGIRI, KECAMATAN SIDANG BARANG, CIANJUR JAWA BARAT))
13250049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertemakan kondisi Kesejahteraan Anak Pasangan Usia Muda Studi di Kampung Mekar Asih Desa Jayagiri, Cianjur, Jawa Barat. Dewasa ini maraknya fenomena pernikahan di usia muda menjadikan peran orang tua tidak hanya dijalankan oleh pasangan yang sudah matang secara fisik, kognitif, mental, psikososial, emosional dan finansial, namun para orang tua muda sudah banyak yang berperan sebagai orang tua yang ditinaju dari aspek fisik, kognitif, mental, psikososial, emosional dan finansial belum matang. Sedangkan secara umum diketahui, bahwa orang tua merupakan penangggung jawab utama dalam upaya pemenuhan kesejahteraan anak agar anak mampu tumbuh dan berkembang secara baik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik validasi untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi data dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan wawancara dan memngkroschek hasil wawancara dengan dokumen terkait. Hasil penelitian ini menujukan bahwa kondisi kesejahteraan anak dari pasangan usia muda tidak sejahtera. Sebab orang tua tidak dapat memenuhi aspek-aspek kesejahteraan anak secara maksimal. Sehingga menyebabkan terhambatnya proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Peneliti menemukan bahwa tidak sejahteranya anak pasangan usia muda di Kampung Mekar tidak hanya dipengaruhi oleh kondisi orang tua, melainkan faktor geografis, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya dan prasarana setempat kurang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Arif Maftuhin, M.Ag, MAIS 19740202200112 002
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Anak, Anak Pasangan Usia Muda, Pasangan Usia Muda.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Jul 2017 14:29
Last Modified: 17 Jul 2017 14:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26594

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum